Ekonomi

Medio Juni, SKK Migas nilai produksi minyak melebihi prediksi

migas

SKK Migas mencatat produksi minyak nasional mencapai 833 ribu barel pada pertengahan bulan ini. Itu diklaim melebihi perencanaan yang dibuat kontraktor minyak dan gas bumi.

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara SKK Migas Taslim Z. Yunus, Jakarta, Kamis (23/6).

“Produksi per 18 Juni kemarin year to date 833 ribu bph di atas Work Plan and Budget yang diajukan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas.”

Sayangnya, peningkatan itu tak terjadi pada lifting atau volume minyak yang diambil dari tangki penampungan untuk dijual. Realisasi lifting hanya sebesar 785 ribu barel per hari.

“Angka lifting yang masih di luar target lantaran hasil produksi masih tertahan dalam fasilitas penyimpanan KKKS,” katanya.

“Operator terbesar yang menyimpan hasil produksinya adalah anak perusahaan bidang hulu PT Pertamina.” Dalam APBN Perubahan 2016 lifting minyak ditargetkan sebesar 820 ribu bph.

Namun demikian, dia optimistis target lifting minyak tahun ini dapat tercapai. Sepanjang produksi Blok Cepu tak mengalami gangguan.

“Jika produksi Blok Cepu tidak mengalami gangguan di tengah pemasangan beberapa fasilitas anyar, capaian lifting berpotensi mencapai 825 ribu bph,” katanya.

“Tapi kalau di tengah jalan ‘batuk’ karena ada fasilitas baru kemungkinan 820 ribu bph sesuai yang disepakati Komisi VII DPR.”

sumber:merdeka.com
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: