Tahukah Anda

Kopi dan Efek Buruknya Kalau Diminum Berlebihan

ilustrasi kopi

Kopi merupakan minuman yang sudah populer sejak dulu. Karena itulah merk–merk kopi bertebaran di antero pasar dan franchise kedai kopi dari Seattle begitu laku dibeli.

Lazim juga kopi sudah menjadi teman mahasiswa di kala tugas–tugas harus dikerjakan sedang kantuk sudah sulit ditahan dan mengaburkan konsentrasi. Di kamar-kamar kost ada stok-stok kopi instan yang bisa diseduh kapan saja.

Kandungan kafein dari kopi terbukti ampuh untuk begadang semalam suntuk.

Menurut para ahli kesehatan, kopi mengandung senyawa kafein berbentuk kristal yang memiliki rasa pahit dan bekerja menghasilkan psikotonik yang kuat dan diuretik ringan.

Namun, efek buruk kopi tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Kecanduan akan kopi membuat para pengonsumsi akan mengalami ketergantungan. Beberapa mengaku jika tak mengonsumsi kopi menjadi lemas, pusing, dan mudah mengantuk.

Bahaya kopi untuk kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan adalah:

1. Menyebabkan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Hal inilah yang membuat pengonsumsi kopi menjadi mudah marah. Selain itu, bagi yang mengalami gejala serangan jantung lebih baik tidak meminum kopi sama sekali.

2. Dapat menimbulkan sakit maag karena asam dari kopi membuat asam lambung meningkat.

3. Ada resiko stroke dan serangan jantung karena dapat meningkatkan kolestrol jahat pada tubuh, serta darah yang lebih pekat. Hal ini menimbulkan endapan lemak dan penyempitan pembuluh darah.

4. Menimbulkan insomnia.

5. Dapat melemahkan daya tahan tubuh karena kafein dapat menyerap mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Minum kopi dapat membuat pengonsumsi kehilangan cairan dalam tubuh.

6. Menyebabkan kram otot yang menyebabkan ngilu dan kram pada otot karena kandungan kafein bisa mengurangi kadar keratin serum pada tubuh.

7. Perubahan hormon tak stabil

8. Gangguan mood

9. Pusing/vertigo

10. Konstipasi

11. Bisa menyebabkan exfoliation glaucoma atau gangguan pada mata. Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine di Brigham and Women’s Hospital di Boston mengemukakan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari dapat meningkatkan gangguan glaukoma.

12. Keseimbangan lemak menurun akibat kafein.

13. Berkeringat akibat keluarna asal gastrat dari tubuh.

14. Kafein menyebabkan iritasi usus.

15. Melemahkan sel otak.

16. Stres karena kafein dapat melepaskan hormon stres.

17. Mineral dalam kopi mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh dan mengurangi kemampuan ginjal untuk mempertahankan zat–zat dan mineral penting yang diperlukan tubuh.

Begitu banyak efek buruk kopi, terutama bagi yang berusia muda. Masa tua dapat terancam apabila dari muda tidak dikontrol pengkonsumsiannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberi kesadaran lebih tentang kopi.

 

 

sumber:cnnindonesia.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: