Tahukah Anda

Inilah 7 Manfaat saat Berpuasa

Ilustrasi Puasa.
Ilustrasi Puasa.

Puasa sudah berjalan selama hampir seminggu. Salah satu rukun Islam ini sendiri mengajarkan agar para umat Islam lebih bisa menahan diri dari segala macam bentuk nafsu yang membahayakan dan menyesatkan.

Tak hanya baik untuk mempertebal kadar keimanan saja, beberapa penelitian kesehatan juga telah membuktikan bahwa puasa sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut adalah sekelumit penjelasannya.

Membantu menurunkan berat badan

Saat kamu berpuasa, berarti kamu memiliki batas waktu untuk mengonsumsi makanan terutama makanan tinggi gula dan minyak yang kamu konsumsi seperti biasanya. Dan saat kamu disiplin menerapkan hal ini, maka jangan kaget bahwa berat badanmu akan turun.

Meningkatkan pengendalian diri

Puasa adalah cara yang baik untuk meningkatkan kontrol diri, terutama yang berhubungan dengan makanan. Ketika kamu bisa menjalankan puasa dengan baik maka kamu bisa mengendalikan dirimu dengan baik pula.

Mengurangi kolesterol

Selama puasa kamu pasti membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan minyak seperti makanan cepat saji atau makanan olahan. Kebiasaan baik inilah yang kemudian mampu membantumu dalam mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol.

Membantu menurunkan kecanduan

Kamu kecanduan rokok, makanan, atau minuman tertentu? Well, dengan berpuasa kamu bisa mengurangi kecanduan tersebut.

Mendetoks tubuh

Puasa adalah cara yang baik untuk detoksifikasi tubuhmu. Sebab ketika puasa, tubuhmu berhenti mencerna segala macam makanan dan minuman sehingga hal ini membantu dalam proses detoksifikasi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena tubuhmu telah mengalami proses detoksifikasi yang baik, maka secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga batas tertentu.

Mengurangi hipertensi

Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, puasa juga mampu mengurangi hipertensi yang terkait dengan beragam penyakit berbahaya.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari puasa yang bisa kamu dapatkan. Jadi, bagi kamu yang sedang berpuasa, lakukan kebiasaan baik ini dengan sungguh-sungguh ya.

 

 

sumber:merdeka.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: