Kotamobagu

Kesadaran Warga Urus KTP Masih Kurang

Muliyono  Mokodompit
Muliyono Mokodompit

ProBMR, Kotamobagu- Kesadaran sebagian masyarakat Kota Kotamobagu dalam hal kepemilikan identitas kependudukan perlu adanya perhatian serius dari pemerintah. Pasalnya, menurut data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,  dari 94.503  wajib KTP 18.194  belum melakukan perekaman KTP elektronik. Itu artinya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai instansi terkait harus lebih bekerja ekstra dan melakukan terobosan guna memastikan status kependudukan warga yang belum mengantongi KTP.

Sekretaris Dukcapil, Mulyono Mokodompit mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan masih ada warga yang belum mengantongi KTP, seperti warga pindahan dari daerah lain serta ada KTP yang dicetak ulang karena rusak atau hilang. Namun demikian ia mengakui, ada juga warga yang belum sadar tentang pentingnya memiliki KTP.

“Sudah ada 76.309 warga yang memegang KTP elektronik. Tapi memang ada yang merasa belum waktunya mengurus KTP. Sebagian warga menganggap Identitas kependudukan bukan kebutuhan,” katanya.

Dijelaskannya, untuk melayani warga dalam pengurusan KTP, pihaknya menyediakan tiga unit alat perekaman yang dua diantaranya mobile ke setiap desa dan kelurahan. “Waktu pengurusannya tidak lama. Jika dokumen lengkap hari itu juga langsung keluar,” jelasnya.

Selain KTP untuk orang dewasa, pihaknya juga kini telah siap menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu tersebut diperuntukkan pada anak usia 0 sampai 5 tahun dan 5 sampai 17 tahun. “Kita tinggal menunggu juknis dari pusat. Operatornya sudah siap,” ungkapnya. (ddj)

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: