Kotamobagu

Tanaman Obat Kurangi Ketergantungan Obat Kimia

Tanaman Obat salah satu warga Kotamobagu.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU- Tanaman obat menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah, selain menanam tanaman lainya.

Di Kotamobagu sendiri di tiap desa/kelurahan pengembangan tanaman Toga telah dilakukan sejak lama tujuannya agar masyarakat bisa menjadikan Toga sebagai obat alternatif selain itu bisa mengurangi ketergantungan terhadapa obat-obat kimia.

“Tanamam Toga itu sangat bermanfaat dengan berbagai khasiat obat yang terkandung. Selain itu bisa juga dikembangkan sayuran untuk kebutuhan sehari-hari bagi keluarga,” ujar Eneng Dondolot, salah satu warga Kelurahan Gogagoman yang menanam Tanaman Toga.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu, Mulyadi Suratinoyo mengatakan Toga sangat bermanfaat bagi keluarga untuk kebutuhan alternatif obat tradisional yang organik.

“Diharapkan warga Kotamobagu secara terus menerus dapat memanfaatkan lahan pekarangan sekecil apapun, dalam mengembangkan Toga diperkarangan masing-masing,” harapnya

Adapun jenis tanaman Toga yang biasa ditanam dihalaman rumah oleh masyarakat dan berbeda dengan jenis obat-obat kimia lainnya seperti Seledri, Daun Balacai, Bayam duri, Lidah buaya, Temu lawak, Akar alang-alang, Daun sirih, Daun kelor. Dahulu ketika orang sakit mereka hanya menggunakan tanaman obat dan sudah terbukti khasiatnya.(ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: