Bolmong

Potensi Pertanian Dimaksimalkan

pertanian-bolmong1-1

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur. “Semua lahan tidur harus dimanfaatkan untuk bercocok tanam,” ujar Yasti.

Menurutnya, Bolmong mempunyai ribuan lahan yang bisa digunakan untuk pertanian. Katanya, pemerintah terus berupaya untuk mencetak area persawahan baru untuk digunakan masyarakat. Salah satu yang lakukan adalah pembuatan irigasi pertanian agar bisa menyalurkan air di sentra-sentra persawahan. “Tahun ini kita akan upayakan dukung program bantuan untuk petani di persawahan baru. Ini bertujuan untuk meningkatkan produksi beras di daerah,” terang bupati.

Ditambahkannya, Kabupaten Bolmong menjadi salah satu daerah pemberi pangan di Sulut. Untuk itu, pihak pemerintah akan berupaya menggenjot produksi pertanian. “Kita upayakan untuk mempertahankan predikat penyuplai pangan dengan meningkatkan produksi,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami rempah-rempah kebutuhan dapur. Katanya, dengan adanya rempah-rempah seperti cabe, bawang, tomat dan lainnya, warga bisa berhemat untuk pengeluaran kebutuhan rumah tangga. “Jadi pekarangan rumah harus dimanfaatkan untuk keperluan di dapur,” pungkasnya. (sal)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: