BMRKotamobagu

Pencairan Dandes Tahap I Tuntas

Rio Lombone
Rio Lombone

ProBMR, Kotamobagu– Pemerintah Kota Kotamobagu telah menyalurkan  Dana Desa (Dandes) tahap I (satu)  sebesar 60 persen bagi 13 Desa. Menurut Kepala DPPKAD Kota Kotamobagu melalui Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan, Syafrudin Abas, bukan hanya Dandes, Alokasi Dana Desa (ADD), beserta pembagian pajak pun telah disalurkan ke semua Desa.

“Pencairan Dandes inikan dibagi dua tahap. Tahap pertama enam puluh persen, dan tahap kedua adalah empat puluh persen. Nah, yang tahap satu, untuk tiga belas desa sudah disalurkan, alias seratus persen. Begitu juga dengan ADD dan bagi hasil pajak,” ungkap Abas.

Abas menambahkan, pengajuan untuk tahap dua atau pencairan 40 persen bisa dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Namun, mekanisme pengajuan Dandes harus menunjukkan realisasi penggunaan Dandes sebelumnya. “Kalau SPJ-nya lengkap, kita akan proses. Tahap keduanya ini bisa dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Minimal 50 persen realisasi tahap satu, setiap desa sudah bisa mengajukan permintaan pencairan tahap kedua. Jadi tidak lagi menunggu anggaran tahap satu habis. Ini dimaksudkan agar pekerjaan yang sedang berlangsung tidak terhenti karena anggarannya habis,” tambah Abas.

Oleh karena itu, Abas mengimbau agar pengajuan pencairan Dandes untuk tahap kedua bisa berjalan lancar. Pasalnya, keterlambatan pencairan akan berdampak pada penyerapan, dan realisasi kegiatan yang pembiayaannya melalui anggaran tersebut. “Kalau cepat dicairkan tentu program pembangunan di desa juga cepat selesai,” ujar Abas. (ddj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: