Nasional

Tito Karnavian Diminta Benahi Institusi Kepolisian

Tito Karnavian.
Tito Karnavian.

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah mengajukan Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Jika disetujui oleh DPR, maka Tito akan diantik menjadi Kapolri.

Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo, mengatakan, salah tugas utama Tito jika diangkat menjadi Kapolri adalah membenahi institusi kepolisian yang dinilai masih bermasalah dari aspek integritas.

“Upaya pembenahan institusi kepolisian selama ini masih stagnan karena persoalan integritas aparat kepolisian. Tidak jarang, kita dengar dan lihat aparat polisi melakukan pemerasan, banyak video-video polisi minta uang tilang. Dalam konteks ini, peran Kapolri sangat strategis,” ujar Adnan di Jakarta, Sabtu (18/6).

Adnan menilai, jika institusi kepolisian bersih, maka upaya penegakan hukum di Indonesia bisa berjalan efektif dan efisien. Pasalnya, lanjut dia, modal utama dari aparat penegak hukum adalah integritas sehingga tidak tergoda menerima suap atau melakulan pemerasan.

“Peran strategis dari Kapolri dan agenda reformasi lebih fundamental adalah upaya pemberantasan korupsi dari dalam yang lebih efektif. Kalau langsung dituntut untuk perkara-perkara korupsi dari luar masih sulit karena organisasinya belum terbangun dengan baik,” terang dia.

Lebih lanjut, Adnan mengatakan, tugas tersebut bukan tugas yang mudah bagi Tito. Mengubah sesuatu yang mapan, kata dia butuh waktu yang panjang.

“Pasti ada resistensi dari dalam. Apalagi isu seniriotas muncul dan ada faksi-faksi di institusi kepolisiab dengan kepentingan-kepentingannya masing-masing. Karena itu, Tito perlu mendapatkan dukungan secara politik dari Presiden Joko Widodo,” pungkas Adnan.

 

sumber:beritasatu.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: