Ekonomi

Atur Gaji Bulanan dengan Tiga Cara Cermat Ini

ilustrasi uang

Jakarta -Setiap kali menginjak akhir bulan banyak orang yang tengah gelisah menantikan gaji bulanan mereka masing-masing, karena ternyata uang gaji bulan sebelumnya yang mereka miliki telah habis untuk membiayai kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi meski uang yang dihasilkan setiap bulannya tidaklah terlalu banyak, masih saja begitu banyak orang yang kerap menghabiskan uangnya secara boros dan tak terkendali lantaran merasa terlampau senang setelah menerima uang gaji bulanan yang telah dinanti-nanti sekian lama.

Apabila kebiasaan buruk menghabiskan uang seperti ini selalu kamu budayakan, maka kamu akan menghadapi kesulitan finansial dikemudian hari. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam melakukan pengeluaran keuangan melalui gaji bulananmu.

Karena kondisi keuangan yang baik tidak hanya disebabkan oleh banyaknya penghasilan yang didapatkan melainkan juga seberapa baik pengelolaan yang dilakukan.

Oleh karenanya, berikut cara-cara cermat untuk kamu yang ingin mengelola gaji bulanan dengan baik.

Menabung
Salah satu cara terpenting untuk mengelola keuangan adalah dengan menabungkan sebanyak-banyaknya uang gaji yang dimiliki. Karena dengan menabung maka kamu tengah mempersiapkan simpanan dana yang dapat gunakan sewaktu-waktu apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain dapat digunakan untuk kepentingan mendadak, tabungan juga dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan besar lain dimasa yang akan datang seperti membiayai pendidikan di masa yang akan datang, membeli kendaraan, atau bahkan rumah pribadi.

Yang perlu kamu lakukan hanya melakukan pembagian tabungan dengan baik seperti menyediakan tabungan khusus pendidikan, tabungan rumah serta lain sebagainya. Dan pastikan bahwa kamu tidak menggunakan uang sisa gaji sebagai dana tabungan melainkan menggunakan uang gaji untuk menabung terlebih dahulu baru kemudian sisanya dapat kamu menggunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Susun Rencana Finansial
Sebelum membelanjakan uang gaji yang kamu terima setiap bulannya, ada baiknya kamu untuk membuat perencanaan keuangan yang baik terlebih dahulu. Atur dan susun dengan baik bagaimana uang gajimu akan dibelanjakan. Buatlah catatan perencanaan keuangan yang dapat digunakan sebagai panduanmu dalam mengelola anggaran keuangan.

Bangun sektor-sektor keuangan yang harus kamu keluarkan setiap bulannya seperti biaya kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan serta lain sebagainya. Agar kamu senantiasa fokus kepada sektor-sektor yang telah kamu susun tersebut guna menghambat keinginan lain yang sifatnya pemborosan dan sia-sia.

Dengan semakin teraturnya pola pengeluaran keuangan yang kamu lakukan maka akan semakin besar kemungkinan mendapatkan sisa uang gaji bulanan yang dapat kamu pergunakan untuk menabung sebagai persiapan masa depan.

Mengumpulkan Bukti Pembayaran
Menganalisa uang-uang yang telah dikeluarkan sangat perlu untuk dilakukan, apabila kamu ingin mereviewnya kembali dengan perencanaan keuanganmu. Karena dengan menganalisa ke mana perginya uang-uang yang telah kamu keluarkan, maka kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi barang apa saja yang tidak perlu kamu beli kembali di bulan berikutnya.

Sebab membeli barang yang sama secara berulang-ulang adalah salah satu tipe pemborosan tidak sengaja yang seringkali dilakukan oleh banyak orang. Oleh karenanya jangan malu untuk meminta bukti pembayaran kepada pihak penjual, agar kamu dapat mengecek kembali apa yang mesti dan tidak mesti kamu beli lagi di kemudian hari.

 

 

sumber:detik.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: