LifeStyle

Masjid Kristal, Rumah Ibadah ‘Pintar’ Paling Indah di Asia

Masjid Kristal Kuala Terengganu.
Masjid Kristal Kuala Terengganu.

Bangunan ini diklaim sebagai salah satu masjid terindah di Asia. Beberapa pihak bahkan berani menyebutnya sebagai salah satu masjid terindah di dunia. Tak hanya menampilkan ilusi terapung di air, pesona masjid ini terletak pada bangunannya yang berkilauan bak istana kristal dalam dongeng negeri 1001 malam.

Masjid yang diberi nama Crystal Mosque atau Masjid Kristal ini merupakan salah satu objek wisata religi andalan di Kuala Terengganu, negara bagian Terengganu, Malaysia. Bangunan masjid didirikan di kompleks Taman Tamadun Islam (Islamic Heritage Park), tepatnya di atas pulau buatan yang disebut Wan Man. Di sebelahnya mengalir Sungai Terengganu yang bersih.masjid terengganu

Dari segi arsitektur, Masjid Kristal Terengganu memang menampilkan keunikan tersendiri. Dilansir Discover Malaysia, keseluruhan masjid dibangun dengan kaca, baja, dan kristal. Rancang bangunnya mengadopsi gaya kontemporer, Moor, dan gothic.

Masjid dengan kapasitas 1500 jemaah ini dibangun selama 2 tahun, sejak tahun 2006 sampai 2008. Pada tanggal 8 Februari 2008, masjid diresmikan oleh Sultan Mizan Zainal Abidin dari Terengganu.

Masjid Kristal Terengganu menampilkan ilusi bercahaya bak kristal saat tertimpa cahaya matahari. Di malam hari, Masjid Kristal tampak seperti istana dongeng berkat lampu warna-warni yang membuat tempat ibadah tersebut bermandikan cahaya biru, kuning, hijau, dan merah muda.

masjid kristal kuala terengganu

Masjid Kristal juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Diklaim sebagai masjid ‘pintar’ pertama di Terengganu, dilengkapi dengan infrastruktur IT yang terintegrasi dan koneksi WiFi. Jemaah bisa mengakses internet untuk membaca Al-Quran elektronik. Pantas jika masjid ini jadi kebanggaan Terengganu.

 

 

sumber:merdeka.com

 

 

sumber:nerdeka.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: