BolmongFeature

Tak Hanya Tongkrongan, Posko Ramadhan Jadi Tempat Tadarusan

posko-ramadhan-di-Lolayan1

Di bulan suci Ramadhan, umat muslim dunia berlomba-lomba mencari pahala dan meraih ridho Allah SWT. Seperti yang dilakukan pemuda Bolmong. Selain dari rumah ke rumah, tadarus (pengajian bersama) juga digelar di Posko Ramadhan yang dibangun pemuda menjelang Ramadhan.

 

Laporan : Faisal Amu – BOLMONG

 

Setelah menunaikan sholat tarawih, sekelompok pemuda Lolayan mulai berkumpul di halaman masjid. Mereka menunggu, salah satu teman mereka yang memiliki catatan giliran di rumah siapa tadarus malam itu digelar. ‘’Biasanya, ada satu teman yang memegang jadwal tadarusan. Jika sudah pasti, setelah sholat tarawih kami langsung ke rumahnya,’’ kata Rini Tungkagi. Namun, jika malam itu belum ada jadwal tadarusan di rumah, maka Posko Ramadhan pun digunakan para pemuda untuk tadarusan. ‘’Selain digunakan untuk bangunkan sahur, posko yang kami bangun juga biasa dipergunakan untuk tadarusan,’’ imbuhnya. Tadarusan yang digelar di rumah, biasanya tuan rumah menyediakan konsumsi alakadarnya. Jika tadarusan di posko, para pemuda saling patungan untuk membali konsumsi seadanya, biasanya juga ada sumbangan dari ibu-ibu yang mengetahui tadarusan di posko. ‘’Kalau tadarusan di posko, konsumsinya dari hasil patungan, biar hanya air mineral dan permen, kadang juga ada ibu-ibu yang mengantarkan teh dan kue,’’ kata Subekti Mamonto.

Kondisi fisik posko Ramadhan juga dibangun semenarik mungkin, mulai dari pemilihan warna cat, kain gorden hingga pernak-pernik kaligrafi di dalamnya. ‘’Pembangunan posko dikerjakan pemuda dibantu bapak-bapak, sedangkan untuk menghiasnya semenarik mungkin tugasnya pemudi dan sebagian ibu-ibu,’’ kata Subekti. Intinya posko dibangun tidak hanya untuk dijadikan tempat tongkrongan biasa. Namun, bisa digunakan untuk hal-hal positif terutama di bulan Ramadhan. Hal itu juga yang sering disampaikan kepala desa setempat, saat para pemuda memohon ijin membangun Posko Ramadhan. (*)

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close