Nasional

Presiden Jokowi Belum Putuskan Calon Kapolri

Kapolri

JAKARTA- Kepala Polisi RI (Kapolri) Jenderal Badrodin Haiti akan berusia 58 tahun pada 24 Juli 2016. Berdasarkan Pasal 30 Undang-Undang Nomor 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, usia pensiun maksimum anggota polisi adalah 58 tahun. Artinya, Badrodin harus pensiun dan melepaskan jabatannya sebagai Kapolri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan akan mengganti atau memperpanjang jabatan Badrodin. “Saya belum memutuskan. Saya juga belum memutuskan pergantian atau perpanjangan Kapolri,” kata Presiden kepada wartawan seusai Rapat Kerja Pemerintah dengan seluruh Pejabat Eselon II Kementerian/Lembaga di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (7/6).

Presiden menyatakan, dirinya belum menerima nama-nama calon Kapolri yang diusulkan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi serta Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Menurut Presiden, dirinya pasti akan mendengar masukan dari berbagai pihak sebelum menentukan calon Kapolri. “Yang jelas saya mendengar masukan dari Polri, Kompolnas dan masyarakat. Tentu saja dalam memutuskan, saya ikuti aturan dan undang-undang yang ada, enggak mungkin tabrak,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, pergantian ataupun wacana perpanjangan masa jabatan Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden. “Mengangkat dan memberhentikan pembantu Presiden itu menjadi kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden mempunya hak prerogatif terhadap hal tersebut, termasuk di dalamnya berkaitan dengan jabatan kapolri,” kata Pramono.

Menurutnya, Kompolnas telah menyampaikan pertimbangan kepada Presiden terkait suksesi kepemimpinan di tubuh Polri.Namun, Presiden sama sekali belum bersikap. “Ini adalah kewenangan Presiden, walaupun Presiden juga meminta pandangan berbagai pihak, termasuk para pembantu terdekat beliau. Sampai saat ini belum ada nama yang disebutkan, siapa yang akan dinominasikan menjadi kapolri,” tegasnya.

 

 

 

sumber:beritasatu.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: