Ekonomi

Izin Ekspor Konsentrat Newmont Berakhir Hari Ini

tambang PT Newmont

Jakarta–Izin ekspor konsentrat tembaga PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) berakhir hari ini. Hingga hingga sekarang, pemerintah belum menerbitkan perpanjangan izin ekspor tersebut. Padahal NNT sudah mengajukan permohonan perpanjangan sejak April kemarin.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot mengatakan pihaknya masih mengevaluasi kelengkapan persyaratan perpanjangan izin ekspor tersebut. “Belum saya tandatangani. Masih dievaluasi,” kata Bambang di Jakarta, Jumat (20/5).

Bambang enggan menjelaskan persyaratan yang dimaksud. Dia tidak menyangkal atau membenarkan persyaratan itu terkait komitmen NNT menggelontoran dana US$ 3 juta ke proyek fasilitas pemurnian mineral (smelter) PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur. “Kalau memang belum memenuhi syarat ya belum bisa diberikan (perpanjangan izin ekspor),” ujarnya.

Pemerintah memang memberikan izin ekpor konsentrat selama enam bulan dan bisa diperpanjang untuk enam bulan berikutnya. Perpanjangan itu diberikan berdasarkan kemajuan pembangunan smelter.

NNT bekerja sama dengan Freeport dalam membangun smelter berkapasitas bahan baku 2 juta ton konsentrat. Investasi proyek itu mencapai US$ 2,1 miliar.

NNT berkomitmen menggelontorkan dana US$ 3 juta sudah dimateraikan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Freeport. Dalam MoU itu disebutkan definitif agreement akan dibahas lebih lanjut.

Pada Maret 2016 kemarin, ESDM melayangkan surat yang menagih progres definitif agreement tersebut. NNT kemudian membalas surat itu dan menyatakan definitif agreement sudah dalam tahap finalisasi.

 

 

sumber:beritasatu.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: