BolmongPolitik

Salihi Belum Aman di PAN untuk 2017

Salihi Mokodongan
Salihi Mokodongan

BOLMONG – Pertarungan politik menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Bolmong 2017 semakin memanas. Kali ini datang dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang berpeluang mengusung pasangan calon (Paslon) bupati dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menariknya, meski memegang ketua DPD PAN Bolmong dan berstatus incumbent bupati, Hi Salihi Mokodongan belum mutlak diusung partai berlambang matahari tersebut. Pasalnya, sejumlah nama kader internal partai mencuat saat pelaksanaan survei dari DPP PAN. Mereka adalah Adriansyah Imban, Kamran Muchtar, Masri Daeng Masenge, Ahadin Mamonto dan I Nyoman Sarwa. “Memang ada beberapa nama internal partai yang disurvei,” ungkap Wakil Ketua Bappilu DPP PAN Dedy Dolot, saat pelantikan Ketua DPW PAN di Kotamobagu.

Ia mengatakan, pihaknya sedang melakukan survey di lapangan, terkait dengan beberapa calon PAN untuk Pilkada Bolmong. “Ada beberapa yang masuk kategori dan kita tinggal memutuskan lewat rapat internal DPP PAN. Kemudian hasilnya akan diserahkan ke Ketua DPP PAN untuk menerbitkan SK calon bupati di Pilbup Bolmong,” kata Dolot.

Dolot memastikan, PAN tetap akan mengusung calon bupati. Sedangkan wakilnya tinggal melihat dari kandidat partai yang juga masuk survei PAN. Menariknya, Dolot juga mengungkapkan belum memikirkan koalisi dengan PDI-P. “Untuk pasangan dengan PDIP, kemungkinan belum sampai ke arah itu,” jelasnya.

Disurveinya sejumlah kader PAN di Bolmong dan tidak bulat kepada incumbent bupati, sangatlah beralasan. Sebab, informasi yang dihimpun, ada kecenderungan terciptanya Bersama Salihi Tuuk (Bersatu) Jilid II. Bahkan, komunikasi kedua kader tersebut sementara berproses untuk maju lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). “Ya kemungkinan PAN akan mencari kader alternatif, jika Bersatu Jilid II kembali tercipta,” kata sejumlah pengamat politik di Kabupaten Bolmong.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PAN  Zulkifli Hasan mengatakan, penetapan calon PAN masih berproses. Nantinya, kata Zulkifli calon bupati Bolmong dari PAN akan ditetapkan pada Juni mendatang. “Nanti ditetapkan Juni mendatang. Jadi tunggu tanggal mainnya,” singkat Ketua MPR RI ini.

Sebelumnya, dalam setiap kesempatan Salihi mengungkapkan akan maju kembali dalam pertarungan politik pemilihan bupati. Namun ia belum memastikan akan maju melalui partai apa. “Semuanya sedang berproses. Tidak hanya PAN saja, saya terus berkomunikasi dengan semua partai politik,” tutup Salihi. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: