Kotamobagu

Jumlah Pasien Covid-19 Dirawat di RSUD Kotamobagu Hari Ini Sebanyak 28 orang

Kotamobagu – Jumlah pasien Covid-19 yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu hingga hari ini sebanyak 28 pasien.

“Untuk pasien Covid yang dirawat di RSUD Kota Kotamobagu per hari ini berjumlah 28 orang,” kata Kabag Umum RSUD Kota Kotamobagu, Taufan Simbala, Kamis (15/7/2021).

Saat ini, pasien sedang dirawat di ruangan khusus bernama ruang rawat inap merah. “Kapasitas di tower B lantai satu masih tercukupi untuk jumlah pasien Covid. Tetapi kita sudah melakukan penambahan ruangan yaitu di lantai dua tower B, untuk misalnya ada lonjakan pasien maka kita sudah siapkan tempat untuk setiap pasien yang bertambah,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk antisipasi lonjakan pasien Covid-19 di Kota Kotamobagu. “Tetapi insyaallah tidak akan ada lonjakan lagi, kalaupun memang hal terburuk ada lonjakan, maka kami siap menampung pasien yang terjangkit virus Covid, dan harus dirawat di ruangan rawat inap merah RSUD Kotamobagu.”jelasnya.

Ia menambahkan bahwa kapasitas ruangan bisa menampung 50 lebih pasien. “Kapasitas ruangan lantai satu bisa untuk 28 orang dan lantai dua itu bisa menampung kapasitas 30 bed (tempat tidur),” ucapnya.

Semetara itu, untuk ketersediaan tabung oksigen di RSUD Kota Kotamobagu, masih memadai sampai saat ini.

“Untuk ketersediaan oksigen sendiri sampai hari ini aman-aman saja, kebutuhan pasien bisa terlayani dengan baik. Karena setiap satu minggu itu, kita ada permintaan 2 kali pengantaran dari pihak ketiga yang mengadakan tabung oksigen,” ungkapnya.

Selain penambahan ruangan bagi pasien Covid-19, kata dia, sosialisasi penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari juga terus dilakukan kepada masyarakat.

“Langkah inisiatif kami, seperti penambahan ruangan, dan yang kedua mensosialisasikan lagi untuk bagaimana lonjakan pasien itu berkurang. Salah satunya dengan cara supaya masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan dalam hal kegiatan sehari-hari,” terangnya.

Selain itu, pengamanan di ruangan isolasi pasien Covid-19 terus ditingkatkan. “Untuk ruang isolasi sendiri telah dijaga ketat oleh TNI dan Polri, serta sekuriti di RSUD Kota Kotamobagu,” tukasnya.

(Yyn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: