Bolmong

Pemkab Imbau Waspadai Penipuan Bermodus Bantuan Pertanian

aktivitas petani Bolmong
aktivitas petani Bolmong

BOLMONG — Kasus penipuan berkedok bantuan pertanian kepada masyarakat Bolmong marak terjadi. Bahkan, penipuan ini sudah memakan beberapa korban khususnya kelompok-kelompok tani di Bolmong.

Dari informasi yang dihimpun, jumlah uang yang berhasil ditipu kepada para petani sudah mecapai puluhan juta rupiah.Indikasinya, oknum penipu mengimingkan bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) namun harus ditransfer uang muka. Tak pelak beberapa kelompok tani tanpa berpikir panjang langsung memberikan uang tersebut. “Oknum itu menghubungi para kelompok tani, mengaku sebagai pegawai Dispertanak yang direkomendasikan kepala dinas. Mereka menjanjikan akan memberikan bantuan namun terlebih dahulu harus memberikan uang yang ditransfer ke sebuah nomor rekening,” ungkap salah satu petani yang enggan menyebutkan namanya.

Saat dikonfirmasi, kepala Dispertanak Taufik Mokoginta mengaku itu adalah ulah oknum-oknum penipu yang mencatut namannya. Ia juga membenarkan sudah ada beberapa laporan kepada instansinya terhadap penipuan ini. “Uang yang diminta oknum penipu tersebut berfariasi dari Rp1 juta sampai Rp5 juta. Sayangnya, ada juga kelompok tani yang masuk perangkap oknum penipu tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, dalam menyalurkan bantuan pertanian pihaknya tidak pernah meminta uang muka. “Jika ada tawaran demikian saya harapkan untuk menghubungi saya langsung,” imbaunya. (sal)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: