Bolmong

Pendaftar Pilsang Tak Harus Berdomisili Minimal 12 Bulan

BOLMONG– Pemilihan Sangadi (Pilsang) tahun ini. Lebih dari setengah dari total 200 desa di Kabupaten Bolmong akan menggelar pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini, peserta yang mendaftarkan diri menjadi calon sangadi, bisa dari luar daerah.

“Sebelumnya, bagi calon sangadi syaratnya harus berdomisili minimal 12 bulan di desa tersebut. Tapi kali ini syarat itu tidak berlaku lagi. Siapa saja bisa ikut berkontestasi dalam pilsang,”kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolmong, Ahmad Yani Damopolii, Rabu (8/5).

Dijelaskan, untuk tahun 2019 ini, ada 105 desa yang akan menggelar pemilihan sangadi, dan rencananya akan berlangsung bulan Oktober 2019 mendatang.

Menurutnya, pilsang sebenarnya sudah digelar pertengahan tahun, namun karena ada gelaran pemilu serentak, sehingga diundur sedikit.

“Di bulan Mei 2019 ini, sudah dilakukan pembentukan panitia tingkat kabupaten, dan panitianya diambil dari pemerintah daerah, yang termasuk Asisten 1 Setdakab, dan dinas terkait,” ungkapnya. “Setelah itu terbentuk, maka kemudian dibentuk panitia di tingkatan dibawahnya mulai dari panitia kecamatan, hingga panitia tingkat desa. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: