Kotamobagu

Jajanan Kue di Mongkonai Barat, Favorit Warga Dalam Perjalanan

Tampak aneka ragam kue yang dijajakan warga Mongkonai Barat.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Bagi warga Kotamobagu yang melakukan perjalanan keluar dan masuk Kotamobagu pasti sudah mengenal aneka jajanan kue khas di Kelurahan Mongkonai, tepatnya di Jln. Amurang Kotamobagu Dumoga (AKD) kompleks terminal Bonawang.

Pasalnya, setiap warga menuju  keluar Kotamobagu baik ke Manado maupun Gorontalo, selalu meluangkan waktu untuk singgah sebentar membeli jajanan kuliner khas Kotamobagu untuk bekal dalam perjalanan.

Jajanan yang beragam  dari seperti masakan sayur, olahan ikan, buah-buahan, kue kering dan basah serta aneka ragam minuman ringan, menjadi salah satu daya tarik karena banyak pilihan bagi pembeli. Belum lagi, harganya pun terbilang murah, hanya dengan Rp5000 anda sudah bisa mendapat 4 kue yang enak.

Menurut salah satu pedagang kue,  Fatma Paputungan jajanan yang dijual adalah produk khas warga Kelurahan Mongkonai.

“Setiap hari banyak yang datang membeli disini, baik dari arah kotamobagu menuju Kota Manado maupun sebaliknya, ada juga dari daerah tetangga yang hendak menuju wilayah Bolmong dan Bolsel,” kata Farmah, Senin (11/12).

Fatma menambahkan, warga yang berjualan  adalah warga setempat yang sudah terbentuk melalui kelompok. Hasil dari keuntungan itu kemudian dibagikan ke kas Mesjid dan sisanya dibagi per orang.

“Semuanya adalah produk dari warga disini. Jika  ada produk dari luar tetap kami tampung semuanya agar pembeli terpusat hanya disatu tempat saja,” ujarnya

Terpisah, Lurah Mongkonai Barat, Yusuf Darwis mengatakan bakal menjadikan Mongkonai Barat sebagai sentra produksi kue khas Kota Kotamobagu untuk meningkatkan tingkat pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada.

“Lokasi Kelurahan Mongkonai Barat sebagai pintu masuk ke Kotambagu,  sangat strategis untuk pengembangan usaha tersebut,” kata Darwis. (*)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: