Bolmong

Yasti Evaluasi Serapan Anggaran dan Kinerja OPD Bolmong

BOLMONG— Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menggelar rapat evaluasi serapan anggaran dan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bolmong, di ruang rapat Sekretariat Daerah, Senin (8/10).
Rapat yang digelar tersebut guna memperoleh informasi kinerja atas prestasi capaian berdasarkan penggunaan anggaran yang telah dialokasikan untuk tahun 2018.
Bupati didampingi Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Derek Panambunan, mengevaluasi sebanyak 37 OPD yang dihadiri langsung oleh masing-masing Pimpinan OPD dan digiring satu per satu untuk mamaparkan seluruh program di instansi masing-masing.
Bupati mengatakan, rapat evaluasi tersebut sangat penting dan strategis dalam memonitor dan mengevaluasi pelaksanakan program. Karena merupakan bagian dari manajemen pembangunan dan capaian beberapa triulan terakhir ini. “Dalam rapat ini, kita dapat mendengarkan seluruh capaian kinerja program kegiatan yang sudah dilaksanakan sejauh ini, serta permasalahan apa yang dihadapi setiap OPD serta strategi apa yang akan ditempuh guna mewujudkan keberhasilan setiap program kegiatan yang telah ditetapkan di instansi masing-masing,” katanya.
Bupati menegaskan, beberapa program belum terlaksana dengan baik agar dapat diperhatikan seluruh Kepala Dinas, Badan maupun Bagian untuk mengawal program kerja yang telah direncanakan sampai akhir 2018. “Jadi, ini wajib diperhatikan. Sehingga visi-misi program prioritas dan kegiatan yang sudah ditetapkan tahun 2018 ini dapat terealisasi. Saya mengingatkan setiap dinas melaksanakan semua program kerja dengan penuh tanggung jawab, bersungguh-sungguh dengan memegang prinsip kehati hatian. Karena saya tidak mau Kepala OPD berurusan dengan hukum. Begitupun dengan Sangadi,” tegasnya.
Lanjutnya, termasuk transparansi dan akuntabilitas agar setiap keberhasilan dalam melaksanakan program dapat diukur dan secara administrasi dan dipertanggungjawabkan. “Semua ini harus dilakukan sebagai upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih. Sekaligus menjadi bukti tanggungjawab kita dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.
Dia menambahkan, mulai dari PAD di tiap Dinas, Badan maupun Bagian harus ditingkatkan dan harus capai target untuk tahun 2018. Apalagi terkait pelayanan kepada masyarakat lebih dimaksimalkan lagi. “Pekan depan rapat evaluasi akan kembali dilaksanakan, saya akan tanya lagi kepada tiap OPD sesuai dengan Rencana Kerja (Renja) dan penyusunan anggaran apakah sesuai dengan visi-misi atau tidak,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: