Kotamobagu

Disdukcapil Salurkan 7.734 KIA

Virginia Olii

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Kerja keras Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu perlu mendapat apresiasi. Pasalnya dari target penyaluran Kartu Identitas Anakal sebanyak 8.000 yang disalurkan sudah 7.734 kartu identitas anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Virginia Olii mengatakan, hal ini dilakukan untuk memaksimalkan data kependudukan, pihaknya turun ke setiap sekolah-sekolah untuk mendata anak-anak dibawah usia 17 agar dapat memiliki KIA.

“KIA ini sudah mulai di jalankan sejak 2017 lalu. Nah, sejak mulai dijalankan itu kami sudah turun ke setiap sekolah-sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD), SD, SMP dan SMA, agar semua anak-anak yang belum terdaftar dan belum memiliki KIA bisa terdata,” katanya.

Dijelaskannya, kegunaan KIA ini cukup banyak, selain sebagai pengganti kartu siswa, saat ini KIA sudah digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar di sekolah. “Ketentuannya ini dari usia 0 sampai 6 tahun, belum diwajibkan menggunakan pas foto. Tapi, kalau usia 6 tahun sampai 17 tahun wajib menggunakan foto KIA,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan pembuatan KIA ini sudah berdasarkan undang-undang. Dimana setiap warga negara Indonesia dibawah umur 17 tahun, harus memiliki KIA sebagai identitas diri. “Istilahnya kalau usia 17 tahun ke atas KTP, tapi kalau dibawah 17 KIA namanya,” ujarnya

Dari data terakhir anak yang sudah mengurus KIA ada sekira 7.734 anak. “Data yang kita rekap bulan Juli kemarin itu sudah 7 ribu lebih. Biasanya dalam 1 hari itu bisa 1 sampai 10 orang anak yang melakukan pengurusan KIA. Kadang pun dalam sehari tidak ada yang mengurus, jadi jumlah itu tidak menentu setiap harinya,” tandasnya. (ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: