Kotamobagu

Pilsang Antar Waktu Poyowa Kecil Digelar Oktober

Anas Tungkagi

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu telah menetapkan jadwal tahapan Pelaksanaan Sangadi (Pilsang) Antar Waktu Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Kotamobagu, Anas Tungkagi, tahapan pelaksanaan tahapan dimulai bulan Oktober 2018 mendatang.

“Sesuai yang direncanakan tanggal 22 Oktober pelaksanaan pemilihan. Untuk pendaftaran bakal calon sudah dimulai dan ditutup tanggal 6 Oktober,” kata Anas Tungkagi, Kamis (27/9/2018).

Ia menjelaskan, terkait mekanisme pemilihan nanti, sama seperti yang pernah dilaksanakan di Desa Tabang, tahun lalu.

“Mekanismenya sama dengan di Desa Tabang, yaitu antar waktu dan yang memilih hanya perwakilan yang ada di desa,” jelasnya.
Terpisah, Kasubag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Wiwi Sabunge menerangkan, pemilihan sangadi antar waktu tersebut dilakukan untuk mengisi kesosongan jabatan Sangadi Poyowa Kecil.

“Pilsang antar waktu ini untuk meneruskan masa jabatan Sangadi Poyowa Kecil yang meninggal dunia. Sementara masa jabatannya masih tiga tahun lagi,” terangnya.

Lanjutnya, untuk proses pemilihan, akan diwakilkan oleh Empat orang keterwakilan dari 14 unsur masyarakat. Seperti keterwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Jadi tiap unsur itu ada keterwakilan sebanyak 4 orang. Nah, empat orang itu yang nantinya akan mewakili unsur lembaga tersebut untuk melakukan pencoblosan nanti,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut jadi peserta Pilsang, maka terlebih dahulu mengurus cuti dan sesuai rekomendasi dari Wali kota.

“Kalau ASN aturannya seperti itu, mereka cuti dulu dan harus ada rekomendasi dari walikota,” tukasnya. (ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: