Bolmong

Deadline Penyelesaian Temuan Penggunaan Dandes 40 Desa September Ini

Ahmad Yanny Damopolii
BOLMONG— Sebanyak 40 Desa di Kabupaten Bolmong, yang mendapat raport merah, dari Inspektorat wajib menyelesaikan temuan Inspektorat sesuai batas waktu yang ditentukan.
Hal ini ditegaskam Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Ahmad Yani Damopolii. Menurutnya, dari 61 desa yang mendapat raport merah baru 19 desa yang taat dan menyelesaikan temuan inspektorat. “Ya, harus segera menyelesaikan sesuai deadline yang diberikan. Sesuai hasil rapat evaluasi lalu bersama dengan Inspektorat batas waktu 15 September ini,” tegasnya.
Ditambahkan, memang sesuai kesepakatan dalam rapat tersebut, apabila desa yang bersangkutan tidak mampu senyelesaikan temuan akan dilanjutkan ke Aparat Penegak Hukum (APH). “Hal ini harus nenjadi perhatian serius. Namun, saya optimis mereka pasti akan selesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan. Sebab, tak ada yang mau Dandesnya bermasalah sampai berurusan dengan penegak hukum,” jelasnya.
Dia menjelaskan, desa yang bermasalah ini terkait Dandes tahun 2017, dimana desa tidak memasukan Pertanggung jawaban (Spj) dan teguran ganti rugi (TGR). Dirinya berharap bagi desa yang belum selesaikan keuangan negara agar segera menyelesaikannya.  “Jadi, syarat sesuai perbup dandes tahun 2017 harus ada spj 2017 dan harus diselesaikan tahun ini,” jelasnya.
Terinformasih, TGR oleh sebanyak 40 desa yang belum menyetoritu berfariasi. Kisarannya, setiap desa belum menyetor ke kas daerah selisih  sekita, 6 juta,  15 juta, 20 juta  hingga 30 juta. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: