Kotamobagu

Mobil Penyedot Tinja Bisa Hasilkan PAD

Imran Amon

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU- Perhatian Pemerintah Kota Kotamobagu dalam meningkatakan kwalitas kesehetan lingkungan serta pencemaran lingkungan, pemerintah kota kotamobagu akan mengadakan satu unit mobil penyedot tinja.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PR-KP), Imran Amon, Rabu (11/7/2018),  saat ini Kotamobagu sudah ada mobil tinja tapi hanya satu unit dan digunakan sudah ada sejak 2017.

Kemudian yang satunya lagi pengadaanya melalui APBD 2018. “Mudah-mudahan satu lagi mobil tinja, akan di kirim oleh pihak penyedia dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Dikatakannya, mobil sedot tinja yang akan dioperasikan nanti dinilai akan memberikan manfaat cukup penting dalam menjaga kebersihan lingkungan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan jika limbah-limbah hasil sedotannya diolah dalam instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT) yang sementara ini dalam proses penyelesaian pembangunannya di Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan

“Pembagunan IPLT anggarannya melalui APBN. Mudah-mudahan bisa selesai sebelum akhir tahun 2018 proses pekerjaan IPLT yang ada di Desa Bungko,”ungkapnya.

Menurutnya, nanti dalam penyedotan lumpur tinja akan ada retribusi, dan akan menjadi salah satu pemasukan PAD Pemkot Kotamobagu. “ Kita  akan susun Perda terkait retribusi tinja, dan ini salah satu potensi PAD Kotamobagu,” tutupnya..

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: