Bolmong

Di Bolmong Januari-April 2018, Sudah 18 Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Farida Mooduto
BOLMONG— Kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur harus menjadi perhatian serius. Pasalnya, di Bolmong kasus ini terbilang semakin meningkat, hal itu terbukti berdasarkan data bulan Januari sampai April 2018 tercatat 18 kasus kekerasan terhadap anak.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Bolmong Farida Mooduto mengatkan. Khasus kekerasan terhadap anak pada 2017 lalu sebanyak 46 orang. “Data tersebut selama satu tahun. Dan terbagi atas anak sebagai pelaku, korban, dan saksi,” ungkapnya.
Dijelaskan, ukuran dirinya menyatakan meningkat, karena dapat dilihat dari data yang diperoleh pada tahun 2017 dalam setahun ada 46 khasus, sementara tahun ini, baru terhitung Januari-April sudah mencapai 18 khasus. Sementara untuk bulan Mei-Juli sementara dalam pendataan. “Dan masih ada beberapa bulan kedepan. Mudah-mudahan tidak akan terjadi kekerasan terhadap anak lagi,” harapnya.
Dirinya membeberkan, ada banyak faktor penyebab terjadinya kasus terbut, salah satunya dari lingkungan. Tambahnya, belum lama ini terjadi kekerasan anak berusia 2 tahun yang dilakukan oleh tetangga yang juga termasuk keluarga korban. “Kronologynya hanya karena anak tersebut mengacak-acak cengkih, kemudian langsung dipukul dengan batang sapu ke wajah sang anak, yang mengakibatkan wajah sang anak rusak. Dan saat ini sudah sementara diproses di polsek Bolaang,” ucapnya.
Dirinya mengimbau bagi orang tua, agar belajar mengontrol selalu emosi. Karena, kalau tidak maka kasus seperti ini rawan terjadi. Hanya gara-gara cengkih hingga berurusan dengan hukum.  “berharap orang tua lebih tahu membawa diri. Jadilah orang tua yang bisa jadi contoh bagi anak-anak. Apalagi, para orang tua khususnya ibu-ibu jangan mudah percaya dengan orang terdekat. Apalagi yang memiliki anak perempuan, supaya tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Karena kasus seperti ini banyak terjadi karena ada kesempatan. Juga sebagian dilakukan oleh orang terdekat,” tegasnya.  (Ind)
Data Kasus Kekerasan Anak Tahun 2017
Pelaku 3 orang

Korban 27 orang

Saksi 16 orang

Total 46 orang

Kekerasan Anak Tahun 2018 Januari-April

Pelaku 1 orang

Korban 12 orang

Saksi 5 orang

Total 18 orang
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: