Bolmong

Sebanyak 60 Ribu Anak Diprioritaskan Kantongi KIA

Iswan Gonibala
BOLMONG— Kartu Identitas Anak (KIA) segera diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong). KIA merupakan wujud kehadiran negara guna menjaga kualitas pelayanan publik sekaligus sebagai wujud perlindungan hukum kepada anak.
Meski belum diterapkan secara nasional. Sejak 2016 lalu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI telah meluncurkan KIA ini. Dan ini diberikan untuk mendata penduduk sejak lahir sampai pada saat wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Pembuatan KIA di Bolmong sufah dimulai melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil). Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala saat inu, masih terkendala dengan waktu peluncuran. “Untuk kartu identitas anak ini sudah dimulai dari sekarang. Untuk launching kami masih mencari waktu yang tepat, tapi yang pasti secepatnya akan dilakukan,” ungkap Iswan.
Ditambahkan, di Bolmong ada sebanyak 60 ribu anak yang diprioritaskan mengantongi KIA. “Yang wajib memiliki KIA adalah anak dibawah umur 17 tahun. Untuk Bolmong yang belum wajib KTP ada sebanyak 60 ribu-an. Anak-anak yang akan dan telah mengenyam pendidikan akan diprioritaskan. Karena salah satu syarat masuk sekolah harus memiliki KIA,” jelasnya.
Dirinya berharap, pihak sekolah mulai dari tingkatan taman kanak-kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), serta para orang tua anak dapat bekerjasama menerapkan program ini. Karena, katanya, dengan adanya KIA di Bolmong akan mempermudah untuk mengetahui jumlah penduduk wajib KTP nanti. “Data awalnya kan sudah ada lewat KIA. Dari sini kami bisa melihat penambahan perekaman untuk e-KTP. Saya harap juga masyarakat bisa proaktif,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: