Bolmong

Masih 14 Desa yang Belum Lakukan Pencairan Dandes Tahap Satu di Bolmong

BOLMONG— Pencairan Dana Desa (Dandes) tahap satu di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga saat ini belum 100 persen tersalur. Buktinya, sampai saat ini, tercatat masih ada 14 desa yang belum melakukan pencairan dana dari pemerintah pusat tersebut.
Hal tersebut berdasarkan penuturan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ahmad Yani Damopolii. Menurutnya, belum diterimanya dana dari pemerintah pusat tersebut, dikarenakan masih terkendala dengan penginputan pada aplikasi sistim keuangan Desa (Siskeudes). “Ke-14 desa itu, belum melengkapi dokumen persyaratan pencairan Dandes,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, anggaran Dandes itu papsti ada. Nah, jatah 14 desa yang belum bisa dikucurkan karena syarat maupun dokumen pencairan belum lengkap. Namun menurutnya, pihaknya terus mendorong para sangadi secepatnya menyelesaikan kebutuhan adimistrasi pencairan. “Kendala yang ditemui mereka kesulitan mungkin pada input ke aplikasi siskeudes. Apalagi, pertanggung jawabannya harus dibuat se efisen dan efektif mungkin,” jelasnya.
Lanjutnya, untuk Dandes dan ADD punya penyerapan waktu yang berbeda. Sehingga peluang Dandes menjadi Sisa Lebih Pembiyaan Anggaran (Silpa) lebih minim dibanding dengan anggaran lainnya. “Yang pasti, kita usahakan dana ini tidak akan jadi silpa. Apalagi, anggaranya sudah ada di khas daerah,” katanya mengakhiri.
Hal tersebut mendapat perhatian anggota legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong Marten Tangkere. Dirinya meminta, supaya masing-masing Desa yang belum melakukan proses pencairan, agar secepatnya dan lebih proaktif untuk melengkapi berkas pencairan Dandes tahap satu. “Sangadi harus proaktif melalukan proses pencairan Dandes. Begitu sebaliknya, juga instansi terkait kiranya lebih aktif melakukan pelayanan. Jangan sampai ketika pekerjaan yang dilakukan terkesan asal-asalan karena sisa waktu serapan atau kegiatan sudah sangat minim. Berharap semua bisa ada solusi,” katanya mengakhiri. (Ind)
Nama-nama Desa Yang Belum Menerima Dandes Tahap Satu:
1.      Desa Mongkoinit Barat
2.      Diat
3.      Lolak Tombolango
4.      Lolak
5.      Poopo
6.      Poopo Selatan
7.      Muntoi
8.      Muntoi Timur
9.      Bombanon
10.   Bakan
11.   Tanoyan Utara
12.    Inobonto 2
13.   Tudu Aog
14.   Mongkoinit
Sumber DPMD Bolmong.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close