Bolmong

Warga Diimbau tidak Membangun Bangunan Sangat Dekat Dengan Jalan Trans

BOLMONG— Warga Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diimbau untuk tidak membangun bangunan sangat dekat dengan jalan trans. Pasalnya, selain menghindari nantinya ada pelebaran jalan, hal tersebut juga dinilai sangat membahayakan warga. Apalagi jalan trans dilalui oleh berbagai jenis kendaraan baik berukuran kecil maupun besar.
Hal tersebut menyusul adanya masukan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong Welty Komaling dalam pertemuan Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2017 bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bolmong belum lama ini.
Menurut Komaling Dinas terkait yakni Dinas Perhubungan (Dishub) bisa memberikan imbauan kepada masyarakat supaya memikirkan baik-baik saat membangun bangunan dipinggir jalan. “Ya, jalan trans itu kecepatan pengendara paling banyak di atas rata-rata. Ini sangat membahayakan warga yang membangun didekat jalan trans seperti warung dan bangunan lain. Apalagi di lokasi jalan yang rawan terjadi kecelakaan, sebaiknya pembangunannya dijauhkan, jangan terlalu dekat dengan jalan trans,” kata Komaling.
Hal tersebut disambut baik Kepala Dishub Bolmong Ashari Sugeha. Menurutnya, untuk saat ini kendala pihaknya untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya membangun bangunan di dekat jalan itu terkendala belum adanya anggaran untuk melaksanakam sosialisasi. “Ya, belum ada anggaran untuk kegiatan sosialisasi itu, namun kami menyambut baik masukan tersebut dan nantinya akan mengupayakan kalau sudah ada anggaran yang rencananya akan disusun pada APPD Perubahan amupun anggaran tahu depan, kami akan melakukan sosialisasi terkait persoalan ini,” jelasnya.
Dirinya juga mengimbau supaya hal tersebut diperhatikan oleh masyarakat Bolmong. Karena dirinya mengakui itu sangat berbahaya. “Harus diperkirakan baik-baik jarak dari jalan trans dalam membangun, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini juga untuk kebaikan kita bersama,” imbaunya. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: