Kotamobagu

Program Smart City Kotamobagu Diapresiasi Pemerintah Pusat

Tampak Wali Kota Kotamobagu, Mohammad Mokoginta, saat menghadiri kegiatan 100 daerah menuju smart city.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Upaya  pemerintah Kota Kotamobagu  mewujudkan smart city (kota cerdas) dalam pelayanan masyarakat dan kinerja pemerintah, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Hal ini buktikan dengan keikutsertaan Kota Kotamobagu dalam 50 kabupaten kota se Indonesia mendapat bimbingan gerakan menuju smart city yang dibuka Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di Hotel Redtop, Jakarta Pusat, Selasa (8/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs Wali Kota Kotamobagu, Mohammad Mokoginta, didampingi Sekertaris Diskominfo, Suhertien Tagela.

Menurut Sekertaris Kominfo, Suhertien Tagela, bimbingan gerakan menuju smart city ini dirangkaikan dengan penandatangani nota kesepahaman dimulainya rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di masing-masing daerah.

“Hasil dari Gerakan Menuju 100 Smart City ini adalah terbentuknya master plan yang memuat rencana pembangunan smart city masing-masing kota/kabupaten dalam lima hingga 10 tahun ke depan,” ujar Suhartien Tegela.

Lanjut Surhatien, smart city bukan semata-mata belanja teknologi, tapi mendefinisikan manfaat yang akan diberikan pada masyarakat, kemudian mencari teknologi yang relevan dengan kebutuhan yang ada.

“Bentuk keseriusan pemerintah Kota Kotamobagu mewujudkan smart city adalah dengan dibangunnya gedung data center dan command center serta merangcang sejumlah aplikasi pelayanan berbasis internet,” ucapnya.

Program ini diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yang didukung kementrian terkait seperti Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan. (ddj)

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: