Bolmong

Tertimbun Longsor, Jalan Solimandungan Jalur AKD Putus Total

BOLMONG— Akibat curah hujan deras dan angin kencang yang terjadi sekira pukul 17:30 Wita. Jalur Amurang Kotamobagu Doloduo (AKD) putus total tertibun longsor. Jalan yang tepatnya berada di Desa Solimandungan, Kecamatan Bolaang tertimbun longsor Pasalnya, Rabu (28/3).
Terinformasi, timbunan material tanah yang menutupi jalan sekira 100 meter dan setinggi 2 meter. Alhasil timbunan longsor tersebut menyebabkan putusnya jalur AKD dan terjadi kemacetan total sekira 5 kilometer baik dari kendaraan dari Inobonto maupun sebaliknya dari Kotamobagu. “Ya, sudah empat jam kami terjebak macet. Kami tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu penanganan dari pemerintah karena jika menempuh jalur lain pastinya akan memutar jauh,” ujar Sarifan Luarens warga Desa Siniyung yang terjebak longsor tersebut. “Terpaksa saya harus menginap di rumah teman di Lolak,” tambahnya.
Disisi lain, para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bolmong yang hendak pulang kantor terpaksa harus berbalik ke Lolak dan menginap dikantor maupun di rumah teman sembari menunggu penanganan longsor selesai. “Mau bagaimana lagi, akses jalan sudah tertutup. Kalaupun menempuh jalur lain, akan memutar jauh,” terang Fredy Soemito, salah satu staf kantor DPRD Bolmong.
Sementara itu, hingga pukul 21:30 Wita, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong sementara melakukan penanganan pembersihan material longsor. Kepala BPBD Haris Dilapanga ST saat dikonfirmasi menuturkan pihaknya sementara menangani timbunan longsor. “Sementara dalam penanganan, ditargetkan untuk malam ini adalah pembukaan jalur lalulintas kendaraan. Kemudian akan dilanjutkan hingga jalur yang tertimbun bisa normal,” katanya.
Lanjutnya, selain kejadian longsor tersebut, hujan deras yang melanda Bolmong juga mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah lokasi. “Berdasarkan laporan, terjadi genangan air di Desa Solong, Solimbanungan, Langagon dan beberapa desa lainnya,”  katanya mengakhiri. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: