Bolmong

Setiap Desa di Bolmong Bakal Ada Perpustakaan

BOLMONG— Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. Buktinya, ke depan setiap desa bakal ada perpustakan.
Seluruh camat dan sangadi (kepala desa) di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa (PMD), Senin (12/3), mengikuti pertemuan  dalam rangka memfasilitasi kegiatan sosialisasi pengadaan buku perpustakaan desa, sebagai penunjang kebutuhan belajar dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu. “Kami hanya memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini. Bagaimana agar desa yang akan melakukan pengadaan buku bisa tahu mekanismenya seperti apa,” ungkap Kepala Dinas PMD, Ahmad Yani Damopolii
Dia menambahkan, penerapan program membaca melalui perpustakaan desa, dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Sedangkan jumlah buku berkisar Rp7 juta per paketnya. “Ya, Jika desa yang akan melakukan pengadaan buku, dia sudah langsung ke pihak ketiga yakni perusahaan buku. Jadi kembali ke kebutuhan desa tersebut jika akan melakukan pengadaan maka lebih bagus,” ujarnya.
Lanjutnya, selain perpustakaan desa, buku yang diadakan melalui program tersebut bisa disalurkan ke taman pendidikan di desa setempat. “Buku ini untuk perpustakaan desa juga bisa untuk sekolah PAUD, TK maupun sejenis. Ini akan sangat baik bagi kemajuan daerah jika minat membaca hidup dari seluruh pelosok daerah,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: