Tahukah Anda

Kolesterol Naik? Mulailah Rutin Konsumsi Makanan dan Minuman Alami yang Enak Ini

Ilustrasi

Menurunkan kolesterol darah tak harus dengan obat. Banyak makanan dan minuman enak yang bisa turunkan kolesterol darah secara alami.
Kolesterol darah yang tinggi merupakan pemicu utama penyakit jantung. Untuk itu, kita perlu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Salah satu caranya dengan membatasi sumber makanan yang kaya akan kolestrol. Selain itu, dengan konsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

1. Beras Merah
Beras merah mengandung vitamin B, selenium, magnesium, dan fitonutrein yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dan menurunkan kadar gula darah. Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga terbukti menurunkan kolesterol jahat dengan menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon kaya akan asam omega 3 dan protein yang secara ilmiah dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Ikan salmon juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan mengkondisikan agar kolesterol tetap stabil.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah lemak nabati yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun dapat mengurangi LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh.

4. Kacang Kedelai
Produk olahan dari kedelai yang kaya akan protein sepeti tahu, tempe dan susu kedelai tanpa tambahan gula dapat menurunkan lipoprotein dalam darah. Memakan kedelai 25 gram sehari akan bisa mengurangi kadar kolesterol.

5. Lemon
Kandungan limonoids dalam jeruk lemon berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, lemon juga sangat kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Lemon juga bebas dari kolestrol, sodium dan lemak. Bisa diminum sebagai jus atau campuran salad dan makanan segar lain.

detik.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close