Uncategorized

Hutan di Bilalang Harus Direboisasi

hutan rusank

BOLMONG- Kawasan hutan di Kecamatan Bilalang cukup memprihatinkan. Semakin gundul, marak aktivitas penebangan liar, dan banyak dimanfaatkan warga untuk berkebun. Kondisi hutan di wilayah itu butuh perhatian dan penanganan serius Pemkab Bolmong.

‘’Ada beberapa titik sering terjadi longsor di Kecamatan Bilalang. Itu karena struktur tanah tak kuat lagi. Hutan gundul dan rusak jadi penyebab,’’ legislator Bolmong Tamrin Mokoginta, kemarin

Ia mengatakan, sering meninjau lokasi atau hutan yang rusak disana. Pihaknya juga terus berupaya memberikan pemahaman kepada warga agar tidak merambah hutan, termasuk mengambil kayu bakar, apalagi memanfaatkan kawasan hutan lindung sebagai tempat bercocok tanam.

“Harus ada formulasi dari pemerintah mencegah pengrusakan hutan. Caranya, perlu melibatkan warga untuk menjaga dan memelihara hutan. Reboisasi juga penting segera dilakukan di kawasan hutan di Kecamatan Bilalang,” sebutnya.

Jika kerusakan hutan di daerah hulu tersebut terus terjadi, maka air hujan yang turun langsung masuk ke aliran sungai dan menimbulkan erosi. Akibatnya, terjadinya pendangkalan di beberapa titik sepanjang daerah aliran sungai (DAS). “Itu bahaya buat daerah di hilir, terutama Kecamatan Passi Barat,” pungkasnya. (sal)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: