BolmongPolitik

YRT Kans Kuat Pimpin PDIP Bolmong Lagi

Yanny Ronny Tuuk STh MM
Yanny Ronny Tuuk STh MM

Pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bolmong telah melewati tahap fit and propertest (FPT). Sejumlah figur populis partai berlambang banteng mocong putih bertarung memperebutkan posisi orang nomor satu di partai besutan Megawati Soekarno Putri itu. Empat kader terbaik PDIP Bolmong yang mengikuti FPT yakni incumbent Yanny Ronny Tuuk (YRT), Tonny Tumbelaka, Frangky Tindage dan Herman Kembuan. Menurut salah satu kandidat, Franky Tindage, hasil FPT kini telah dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. “Saat ini kita menunggu pengumuman hasil FPT itu,” katanya.

Soal jadwal pelaksanaan konfrensi cabang (Konfercab) menurut Franky yang menjabat Wakil Ketua DPC PDIP Bolmong itu, juga menunggu petunjuk DPP. “Kemungkinan bulan depan sudah dilaksanakan Konfercab, setelah DPP mengumumkan nama-nama yang lulus FPT,” ujarnya.

Dalam Konfercab nanti katanya, ada panduan berdasarkan surat keputusan (Skep) DPP PDIP menyebut bahwa pemilihan Ketua DPC dilakukan secara musyawarah mufakat. “Skep memerintahkan bahwa dalam Konfercab nanti, Ketua DPC dipilih berdasarkan musyawarah dan mufakat,” katanya.

Adapun figur yang layak memimpin PDIP Bolmong ke depan katanya, adalah figur yang memiliki komintmen kuat membesarkan partai. Figur tersebut katanya ada pada diri Yanny Ronny Tuuk (YRT), mantan anggota DPRD Bolmong dua periode dan kini menjabat Wakil Bupati (Wabup) Bolmong.

Sejumlah prestasi telah telah diraih figur bersahaja itu. Di bawah kepemimpinannya, PDIP mampu mendudukkan kader terbaik sebagai Wabup Bolmong. Selaian itu, YRT mampu membawa PDIP memenangkan ajang pemilihan legislatif (Pileg) Bolmong 2014, dengan memboyong 8 kursi di DPRD. “Setelah mendudukkan kader partai menjadi Wabup, PDIP juga mampu menambah jumlah kursi di DPRD Bolmong, yang pada periode lalu hanya empat kursi kini menjadi delapan kursi,” ujarnya.

Adapun dinamika dalam Konfercab nanti kata Franky, adalah hal yang biasa. “Intinya Ketua DPC nanti ditentukan secara musyawarah mufakat dengan mempertimbangkan prestasi,” katanya.

Sementara itu, YRT ketika diwawancarai mengatakan jika dipercayakan lagi ia akan mengemban amanah tersebut dengan penuh tanggungjawab. Agenda Konfercab katanya selain restrukturisasi, juga adalah juga agenda evaluasi. “Dalam Konfercab nanti, saya akan meminta saran dan masukan dari pengurus jika ada hal yang belum maksimal selama saya memimpin PDIP Bolmong,” ujarnya.

Ke depan katanya, ada dua agenda penting yang harus dilalui. Yakni, pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) 2015 dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bolmong 2017. “Itu target besar yang akan kita hadapi. Untuk itu, konsolidasi pengurus, kader dan simpatisan PDIP wajib kita kalukan guna mencapai target-target tersebut,” katanya. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: