Boltim

Jelang Sepekan, BPK Kuliti Semua SKPD Boltim

Oskar Manoppo
Oskar Manoppo

BOLTIM — Sudah berjalan sepekan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Provinsi Sulut, ke semua Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terlihat Pemkab pun extra was-was agar tak ditemukan kekurangan oleh pemeriksa. Terlebih khsusnya pemeriksaan laporan keuangan per SKPD. “Yang terpenting semua data yang diperlukan sudah lengkap. Tak ada yang terlewati, karena salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Salah satunya tak lagi mendapat opini WTP,”ungkap Kadis DPPKAD Boltim Oskar Manoppo SE MM, kemarin.

Diketahui, pemeriksaan kali ini, merupakan pemeriksaan pendahuluan, dimana terfokus pada pemeriksaan belanja modal, perjalanan dinas baik di luar maupun dalam daerah, seluruh dokumen-dokumen kantor, dan Surat Keputusan (SK) yang berkaitan dengan keuangan daerah.
“Mereka (BPK, red) melakukan pemeriksaan dan ini merupakan pemeriksaan pendahuluan. Pemeriksaan mencakup dokumen-dokumen penting dalam pengurusan keuangan,” terang Assisten III yang membidangi keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Boltim, Djainudin Mokoginta.

Dirinya menjelaskan, usai dilakukannya pemeriksaan pendahuluan tersebut, dalam jangka waktu selama 40 hari ini, BPK akan kembali melakukan pemeriksaan yang terperinci dimana pemeriksaan tersebut sekaligus akan menetapkan opini apa yang diraih.
“Untuk sementara, belum ada temuan-temuan yang berarti karena masih sesuai tahapan. Nantinya akan ada lagi pemeriksaan dari BPK selanjutnya,” ujar.

Ditambahkannya, terkait dengan proyek putus kontrak tak akan mempengaruhi proses pemeriksaan. Asalkan menurutnya, hal tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.
Dirinya berharap, pemeriksaan kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, sesuai dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang berhasil diraih Kabupaten Boltim belum lama ini, hal itu juga harus tetap dipertahankan.”Semoga pemeriksaan BPK ini berjalan lancar. Kemudian, besar harapan saya bahwa opini WTP masih bisa dipertahankan,” ungkapnya.(Sandy)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: