Boltim

Pembangunan TPA Boltim Menggantung

Tempat Pembuangan Akhir (TPA), foto:istimewa
Tempat Pembuangan Akhir (TPA), foto:istimewa

BOLTIM — Pembangunan fasilitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Ibukota Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) terkendala pembebasan lahan. Kerinduan warga Boltim untuk memiliki TPA tampaknya belum akan terwujud dalam waktu tahun ini. Pasalnya, pembebasan lahan lima hektare yang akan digunakan sebagai lokasi TPA berlokasi di desa Togid belum selesai. Padahal lokasi tersebut adalah lahan negara yang sedang dalam status Hak Guna Usaha (HGU).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pun sudah memiliki izin dari pemegang HGU untuk lokasi tersebut. Sayangnya, antara pemerintah dan warga yang memiliki tanaman di lokasi milik negara itu belum mencapai kesepakatan. Sehingga Pemkab pun belum melanjutkan pembangunan. “Masih pembebasan lahan oleh tim yang dipimpin oleh Asisten II sedang dalam inventarisasi tanaman. Kita tinggal menunggu itu,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim, Minderd Mawu.

Padahal Pemkab sejak tahun lalu sudah menyusun desainnya sebagai syarat untuk membangun TPA. Sebab direncanakan pembangunan akan dilakukan oleh pemerintah provinsi dengan anggaran senilai Rp12 miliar.
“Sepertinya belum bisa tahun ini dibangun. Kita sudah siap tenaga dan anggarannya untuk honor penyapu jalan dan tenaga pengangkut sampah, lengkap dengan armada tiga unit kendaraan untuk beroperasi di ibukota karena operasionalnya di PU,” jelasnya. (Sandy)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: