Kotamobagu

Dituduh Santet, Kakek di Tabang Lakukan Sumpah Mubahala

Jpeg
Tampak Suasana Pelaksanaan Sumpah Mubahala

ProBMR, KOTAMOBAGU—Huju Mamonto, kakek berusia 67 tahun warga Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu Selatan, menjalani sumpah Mubahala dengan menggunakan Al-qur’an yang dilakukan di masjid setempat, Selasa (12/7).

Kakek  tersebut melakukan sumpah karena dituduh telah menyantet Katrina Mokodompit, yang tak lain merupakan kepala Desa Tabang sehingga mengakibatkan kepala desa  tersebut meninggal dunia. Saat menjalani sumpahnya, kakek ini didampingi keluarganya, dan disaksikan oleh puluhan warga.

“Demi Allah saya tidak melakukan perbuatan santet ataupun sihir. Apabila saya benar-benar melakukannya, maka saya akan mendapatkan Azab dari Allah” kata Kakek ini beberapa kali sampai membuat sanak keluarganya menagis.

Dalam melakukan sumpah tersebut, Huju Mamonto dipandu langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kotamobagu Selatan, Hi. Irfan S,Ag.

“beliau melakukan sumpah mubahala, atau sumpah sesuai dengan syariat Agama untuk membuktikan kebenaran ini, semata-mata untuk menghindari fitnah maupun tuduhan warga kepadanya. Dimana beliau dikatakan telah melakukan santet kepada Almarhumah Katrina Mokodompit, sehingga jatuh sakit sampai meninggal dunia. Ujar Irfan.

Lanjut Irfan, pelaksanaan sumpah mobahala tersebut perlu dilakukan, dimana agar tidak terjadi fitnah berkepanjangan serta konflik akan saling tuduh.

“Santet dan Menuduh ini sama-sama dosa besar dan dilarang dalam agama, sehingga satu-satunya cara agar masyarakatTabang tidak terpecah belah maka dibolehkan melakukan sumpah ini, sebab santet bersifat gaib dan hanya Allah SWT yang maha Tahu” tuturnya.

Ia pun mengimbau, agar warga tabang hendaknya berprasangka baik terhadap sesama, dan selalu berserah diri kepada Allah SWT.

“Jangan menuduh tanpa bukti sebab dapat menimbulkan fitnah, semua kita kembalikan kepada sang pencipta Allah SWT, yang kepadaNYA pula kita manusia akan kembali” ucap Irfan

Pelaksanaan Sumpah Mobahala tersebut mendapat pengawalan dari pihak kepolisian Polsek Urban Kotamobagu. Sampai pelaksanaan sumpah selesai, keadaan Desa Tabang tetap aman dan kondusif. (Rez)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close