Nasional

19 Calon Hakim Jalani Wawancara Terbuka

Mahkamah Agung

Komisi Yudisial (KY) melanjutkan seleksi tahap akhir calon hakim agung (CHA) serta calon hakim ad hoc tipikor di Mahkamah Agung (MA) dengan melaksanakan wawancara terbuka terhadap 15 CHA dan empat orang calon hakim ad hoc yang lolos seleksi tahap III dimulai pada Senin (20/6) pagi hingga 24 Juni 2016 di Auditorium KY, Jakarta.

“CHA dan calon hakim ad hoc tipikor yang diloloskan KY pada seleksi kali ini akan disampaikan kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan,” kata Juru Bicara KY Farid Wajdi, di Jakarta, Senin (20/6).

Panel ahli yang dilibatkan KY adalah Ahmad Syafii Maarif, Franz Magnis Suseno, Azyumardi Azra, dari unsur masyarakat. Sedangkan dari unsur mantan hakim agung adalah Parman Soeparman, Harifin A. Tumpa, Hary Djatmiko, Iskandar Kamil, Ahmad Kamil, dan Djoko Sarwoko.

Dari 15 CHA, akan disaring menjadi delapan orang dengan kualifikasi satu orang di kamar pidana, empat orang di kamar perdata, satu orang di kamar agama, satu orang di kamar militer, dan satu orang di kamar tata usaha negara. Sedangkan dari empat orang calon hakim ad hoc tipikor di MA bakal disaring menjadi tiga orang.

Farid mengatakan, wawancara menekankan aspek visi, misi, komitmen, kenegarawanan, integritas, kemampuan teknis proses yudisial dan kemampuan pengelolaan yudisial terhadap para calon.

Adapun 15 CHA yang mengikuti wawancara terbuka adalah Gazalba Saleh, I Made Hendra Kusuma dan Mochammad Agus Salim (kamar pidana), Ibrahim, Lexsy Mamonto, Panji Widagdo, Setyawan Hartono dan Syafrinaldi (kamar perdata), Edi Riadi, Firdaus Muhammad Arwan dan Sisva Yetti (kamar agama).

Selanjutnya, Eddhi Sutarto dan Sartono (kamar tata usaha negara), Kolonel Hidayat Manao dan Tiarsen Buaton kamar militer. Sedangkan empat calon hakim ad hoc tipikor yang mengikuti seleksi akhir adalah Dermawan S. Djamian, Mangasa Manurung, Marsidin Nawawi, dan Prayitno Iman Santosa.

 

 

sumber:beritasatu.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: