Bolmong

Sangadi Ujung Tombak Pembangunan Desa

Yanny Ronny Tuuk STh MM
Yanny Ronny Tuuk STh MM

BOLMONG – Keberhasilan pembangunan desa di Bolmong sangat ditentukan oleh kepemimpinan sangadi (kepala desa). Karena itu, sangadi harus mampu menunjukkan cara kepemimpinan yang benar- benar diharapkan masyarakat dalam berbagai bidang.

“Di pundak sangadi tercermin seberapa besar harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik. Sebab, sangadi adalah pemimpin yang dihasilkan dari proses demokrasi, di mana semua komponen masyarakat terlibat sesuai dengan peran dan fungsinya masing- masing. Karena itu sangadi harus bisa menjadi teladan di desa,” kata Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk STh MM.

Menurutnya, tidak akan terjadi perselisihan di desa jika pemimpin bisa menerapkan pola kepemimpinan yang benar- benar disukai masyarakat berdasarkan aturan berlaku. “Selalu libatkan masyarakat dalam banyak kegiatan dan pengambilan keputusan. Ajarkan masyarakat agar selalu berorientasi pada hukum dan aturan. Dengan demikian, hasil maksimal dalam tata kelola pemerintahan yang akan terwujud tanpa ada konflik. Desa harus maju, dan itu tanggung jawab setiap pemimpinnya di desa,” ujarnya. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: