Nasional

Banyak Takjil di Depok Mengandung Formalin dan Pewarna

banyak-takjil-di-depok-mengandung-formalin-dan-pewarna

Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan sidak takjil di sejumlah tempat. Dari hasil sidak diketahui ada makanan positif mengandung zat berbahaya di Pasar Sukatani dan Pasar Depok Jaya. Kandungan zat berbahaya ditemukan, yaitu formalin dan pewarna.

Kepala Bidang POM Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan dari sidak tersebut Dinkes mengambil sampel beberapa makanan, seperti bakso, ikan teri medan, cumi asin, ikan asin gabus, kolang kaling, manisan ceri, tahu dan krupuk merah.

Hasil razia ini, ditemukan dua jenis makanan positif mengandung zat berbahaya yaitu, tahu mengandung formalin dan kerupuk merah mengandung pewarna. “Dua jenis makanan tersebut positif mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh,” kata May, Senin (13/6).

Pembuat makanan berbahan berbahaya ini bukanlah warga Depok. Pedagang di Depok hanya mengambil makanan dari Ciracas, Jakarta Timur.

Selanjutnya Dinkes akan melakukan koordinasi dengan bagian ekonomi untuk berkoordinasi dengan wilayah tersebut untuk penelusuran lebih lanjut. “Karena di luar Depok maka harus koordinasi terlebih dahulu, beda cerita kalau produksinya di Depok, kami dan Polsek Depok akan langsung bertindak,” tandasnya.

Pihaknya akan memanggil pedagang untuk diberikan pembinaan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan UPT pasar agar meningkatkan pengawasan kepada barang yang dijual di tiap pasar. “Tentunya juga kepada masyarakat kami minta untuk lebih berhati-hati dalam membeli bahan makanan, terlebih makanan yang dicurigai mengandung zat-zat tersebut,” tutupnya.

 

 

sumber:merdeka.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: