Kriminal

Densus Tangkap Terduga Teroris Keempat di Surabaya

Ilustrasi Penangkapan Teroris.
Ilustrasi Penangkapan Teroris.

Jakarta – Penyidik Densus 88/Antiteror Mabes Polri menangkap seorang lagi terduga teroris di Surabaya, Kamis (9/6). Penangkapan ini adalah rangkaian penangkapan tiga orang sebelumnya.

Seperti diketahui ada tiga teroris yang dibekuk pada Rabu (8/6) di Surabaya. Mereka diketahui hendak menyasar pos polisi di daerah Sinar Galaxy, Surabaya Timur. Mereka ingin melakukan tindakan seperti di MH. Thamrin Januari lalu.

“Mereka ini termasuk jaringan ISIS di Suriah karena mereka terus berkomunikasi dengan kelompok (WNI) di Suriah itu. Kemarin ditangkap satu orang lagi di Surabaya,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Agus Rianto di Mabes Polri Jumat (10/6).

Seperti diberitakan tiga orang yang dibekuk itu adalah PHP, BR, dan lalu FN. Barang bukti yang dapat diamankan sementara dari tersangka antara lain bahan peledak high explosive HMTD.

Selain itu juga disita senjata api rakitan dan amunisi. Dari hasil pemeriksaan sementara tersangka diperoleh keterangan mereka telah merencanakan aksi teror terhadap anggota polisi.

PHP selama ini dibina Shibgho yang merupakan eks napi kasus terorisme perampokan Bank CIMB Niaga, Medan pada 2010 silam. Nama Shibgho kembali muncul di radar aparat pada Desember 2014.

Saat itu Shibgo ditangkap aparat Imigrasi Malaysia bersama dengan sejumlah WNI lain saat hendak berangkat ke Suriah. Dia kemudian dipulangkan ke Jakarta.

Sesampainya di Jakarta, lelaki kelahiran Magetan, Jawa Timur 34 tahun lalu itu kembali diproses hukum karena menyembunyikan Dulmatin yang saat itu masuk daftar pencarian orang kasus terorisme.

Sedangkan yang BR terkait dengan Salim Mubarok At-Tamimi alias Abu Jandal. Abu Jandal adalah pentolan WNI yang saat ini sudah ada di Suriah bergabung dengan ISIS.

Abu Jandal pernah muncul di sebuah video di YouTube dan mengancam sejumlah pihak.

 

 

sumber:beritasatu.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: