Kotamobagu

DTT Bagi Korban Bencana Alam Segera Dicairkan

Jpeg
Rio Lombone

ProBMR, KOTAMOBAGU—Pemerintah Kotamobagu, dalam waktu dekat akan mencairkan Dana Tak Terduga (DTT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk korban bencana alam di Kotamobagu. “Sudah saya minta kabid anggaran untuk menyiapkan segala keperluan untuk pencairan dana tersebut,” ujar Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Arsip Daerah (DPPKAD), Rio Lombone, Senin (6/6).

Menurut Rio, DTT yang akan dicairkan itu nanti bisa digunakan untuk kebutuhan para korban bencana alam. “Hanya boleh digunakan sesuai ketentuan untuk penyelamatan, seperti apa yang menjadi kebutuhan tempat tinggal penduduk yang rusak karena bencana,” jelasnya.

Rio mengungkapkan, anggaran yang akan dicairkan direncanakan senilai, Rp 300 juta terdiri dari Rp 240 juta untuk pembangunan fisik kerusakan akibat bencana dan Rp 60 juta untuk perlengkapan tim dalam melaksanakan pembangunan tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, Imran Amon mengatakan, pihaknya akan memfokuskan pembangunan maupun perbaikan sejumlah titik yang rusak akibat bencana alam.

“Ada empat titik antara lain di Kelurahan Gogagoman satu titik akan dibangun talut, dan jembatan penyeberangan, di Kelurahan Kotobangon itu akan buat tanggul pengaman sungai, di Kelurahan Tumobui perbaikan dapur masyarakat yang jebol akibat luapan air sungai, dan drainase penghubung Jalan Merdeka dan Jalan Veteran,” ungkap Imran Amon.

Selain DTT pihaknya juga sudah memasukkan permohonan pencairan Dana Siap Pakai (DSP) ke pemerintah pusat. Jika disetujui maka jumlah yang akan diterima Kotamoagu dari DSP yakni sebesar Rp 7 Milliar

“Itu untuk pengurangan resiko bencana seperti pembuatan tanggul di semua tempat rawan bencana di Kota,” ujarnya. (Rez)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: