Bolmong

Petani Bolmong Manfaatkan Pupuk Organik

BOLMONG – Dinas Pertanian Bolaang Mongondow (Bolmong) mengimbau kepada para petani untuk memprioritaskan penggunaan pupuk organik. “Proses alami sangat diperlukan pada pola pengembangan tanaman, sehingga diharapkan kepada para petani untuk memprioritaskan penggunaan pupuk organik,” kata Remon Ratu, Kepala Dinas Pertanian Bolmong, Kamis (17/6).

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang mengenjot pertanian yang menggunakan pupuk organik. Katanya, dengan menggunakan pupuk ini dapat menjamin kesehatan tumbuhan yang dikembangkan. “Penggunaan pupuk organik tidak beresiko tinggi, melainkan dapat menjaga kesuburan tumbuhan sekaligus tidak membahayakan para petani,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, program ini untuk menurunkan penggunaan pupuk pestisida yang memberikan dampak kesehatan petani. Sehingga, penggunaan pupuk organik sudah diterapkan pada pertanian padi. “Ini sudah diprogramkan dan dicanangkan tujuannya menghasilkan produksi pertanian yang alami,” pungkas mantan Camat Dumoga ini. Diketahui, petani ladang juga mendapatkan bantuan saprodi yangb terdiri dari pupuk NPK sebanyak 319 Ton, Pupuk hayati cair (Puhay) 6.380 Liter, Pestisida 1.590 Liter, herbisida 4.785 Liter, biaya BBM pengolahan tanah, bantuan pompa dan sumur bor. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: