Kotamobagu

Pemkot Kembali Gelar Festival Kuliner Skala Besar

agung-adati

ProBMR, KOTAMOBAGU–Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu mendapat dorongan dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, untuk kembali melaksanakan festival kuliner tradisonal mongondow dengan skala yang lebih besar. Bahkan  pada ulang tahun Kota Kotamobagu beberapa waktu lalu hanya dilaksanakan pada tingkat desa dan kelurahan, kedepannya direncakan akan dilaksanakan tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubbudparkominfo), Agung Adati, mengatakan festival kuliner yang dilaksanakan pada HUT Kotamobagu beberapa waktu lalu, mendapat respon positif dari Kemenpar. Bahkan tahun 2017 mendatang, kegiatan yang sama didorong untuk dilaksanakan lebih meriah dengan melibatkan semua kabupaten kota se Sulut.

“Kegiatan kemarin belum 100 persen sempurna. Tapi ahamdulillah pihak kementrian pariwisata merespon dengan baik atas kegiatan tersebut” ujar Agung

Agung menjelaskan, pihaknya mulai menyusun rencana festival kuliner tahun 2017 mendatang. Sementara itu, untuk Jenis makanan yang akan ditampilkan adalah yang berbahan dasar natural, “Untuk makanan khas mongondow kita rencanakan jenis inamball, karena bahan dasarnya hanya dari sagu dan daging ayam,” ungkapnya.

Dijelaskannya, gelaran festival kuliner tradisional mongondow merupakan salah satu upaya pemerintah kota dalam melestarikan warisan para leluhur. Kuliner khas mongondow tak kalah dengan daerah lain di Sulut bahkan se-Indonesia.

“Selama ini kuliner khas mongondow kurang dipromosikan, makanya pemerintah akan mengambil terobosan untuk memperkenalkan kuliner mongondow di tingkat provinsi bahkan nasional. Kuliner tradisional mongondow adalah warisan para leluhur dan harus kita dilestarikan dan dipromosikan,” jelasnya.

Agung menambahkan, potensi wisata kuliner di Indonesia sangat luar bisa. Sehingga Kotamobagu akan mencoba melakukannya meskipun baru setingkat provinsi, “Mudah-mudahan rencana kita kedepan ini akan berjalan dengan baik,” tambahnya. (Rez)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: