Bolmong

Fokus Tuntaskan Buta Huruf

Salihi Mokodongan
Salihi Mokodongan

BOLMONG – Masih tingginya angka buta huruf di Bolmong, membuat pemkab berjanji mengentaskan masalah ini dalam beberapa tahun ke depan.

“Itu pekerjaan rumah kita. Karena masalah ini akan mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM), kita target 2016 angka ini turun sampai 70 persen,” kata Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan.

Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Bolmong mendata, dari total jumlah penduduk Bolmong saat ini yang mencapai 213.484 jiwa sesuai dengan data Badan Pusat Statisitik (BPS) 2013,  kurang lebih seribu orang yang belum bisa membaca.

“Rata- rata yang melek huruf ini tersebar di setiap kecamatan yang ada di Bolmong. Usia rata- rata buta huruf 15 sampai 50 tahun ,” kata kepala Diknas Drs Olii Mokodongan.

Lanjutnya lagi, dalam menanggulangi persoalan buta huruf tersebut, diknas sedang melakukan berbagai langkah atau gerakan ke setiap kecamatan dengan menyebar tim. Bahkan, ada rencana membentuk posko secara khusus.

“Rata-rata yang buta huruf adalah orang yang sudah cukup tua. Dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan diharapkan jumlah tersebut akan semakin berkurang dan akan terus dikejar. Sedangkan untuk anak muda, target kami adalah semuanya terbebas dari buta huruf,” tegasnya. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: