Bolmong

Ini Bocoran Pj Bupati Bolmong yang Disiapkan Gubernur

OD

MANADO – Gubernur Sulut Olly Dondokambey mulai menyiapkan tiga pejabat di lingkungan Pemprov Sulut, untuk menggantikan posisi Bupati Bolmong Salihi Mokodongan yang akan berakhir 16 Juli mendatang. Pasalnya, sebagaimana perintah undang-undang dan aturan, gubernur selaku wakil pemerintah pusat di Sulut harus menyiapkan tiga orang pejabat untuk diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). ”Ini dilaksanakan agar tak terjadi kekosongan top eksekutif di Kabupaten Bolmong. Ketiga nama pejabat yang diusulkan gubernur harus pejabat dari provinsi sebagai alat gubernur,” kata Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri DR Soni Sumarsono MDM, kepada sejumlah wartawan.

Sumarsono yang juga mantan Pj Gubernur Sulut mengatakan, tiga nama pejabat tersebut diusulkan gubernur ke Ditjen Otda untuk diolah, kemudian diteruskan ke Mendagri dan ditetapkan satu nama sebagai Pj Bupati Bolmong. ”Pihak kemendagri tidak akan menerima usulan Pj dari kabupaten/kota, karena itu inisiatif langsung dari gubernur. Tiga nama tersebut diusulkan paling lambat satu bulan sebelum akhir masa jabatan bupati, dan harus pejabat eselon II di provinsi,” imbuh Sumarsono. Lanjutnya lagi, aturan mengamanatkan demikian tentu dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, jika Pj Bupati diambil dari kabupaten tersebut otomatis akan mudah ditunggangi petahana dan calon lain di pilkada. ”Ini pastinya akan mengganggu netralitas di pilkada. Pj Bupati itu wakil pemerintah pusat yang ditempatkan di kabupaten. Makanya harus dari perangkat provinsi dengan SK Mendagri,” pungkas Sumarsono.

Sementara itu, sumber resmi dari Pemprov Sulut mengatakan, tiga nama sudah dipersiapkan gubernur untuk menjadi Pj Bupati Bolmong dan Sangihe. ”Sudah mulai disiapkan pejabat eselon II di lingkungan pemprov, tidak ada pejabat yang dipersiapkan dari kedua daerah tersebut. Kalau pun ada, ia harus ada job di pemprov dulu,” kata sumber yang enggan namanya ditulis. (sal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: