AdvertorialBolmong

Limi Serahkan Bantuan Beras ke 19.353 Penerima Manfaat

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Ir Limi Mokodompit MM launching pendistribusian bantuan sosial cadangan pangan pemerintah (CPP), di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Kamis (13/04/2023). Launching pendistribusian bantuan sosial CPP itu, berlangsung di Kantor Kecamatan Dumoga Tengah, Desa Ibolian. Agenda tersebut, dirangkaikan dengan penyerahan bantuan beras CPP oleh Pj Bupati kepada 19.353 penerima manfaat.Dalam sambutannya, Pj Bupati Limi menyampaikan, berdasarkan Undang-undang ayat 18 tahun 2012 tentang pangan menyatakan bahwa, mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan pemerintah, memantapkan kedaulatan pangan nasional, diantaranya cadangan pangan Pemerintah Daerah. Ini untuk mengantisipasi kekurangan atas ketersediaan pangan, gejolak harga pangan atau keadaan darurat bencana. Sehingga pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan. “Terutama bagi masyarakat yang berpendapatan rendah dengan tujuan agar masyarakat penerima manfaat memiliki akses pangan melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah,” kata Limi.

Olehnya, Limi berharap supaya penerima manfaat ini benar-benar didata dengan baik, terutama masyarakat penerima manfaat benar-benar berhak menerima. “Jadi, sasaran bantuan pemerintah yakni, mereka yang berhak menerimanya,” harap Limi. Limi menjelaskan, tujuan penyaluran cadangan pangan pemerintah kali ini tak lain untuk mengurangi beban masyarakat penerima manfaat. “Saat ini di beberapa negara lagi krisis pangan, tapi kita bersyukur Bolmong karena sampai hari ini pangan kita masih tersedia dan terjaga,” ucap Limi. Harus disyukuri kata Limi, ketersediaan sumber daya alam terutama di Kabupaten Bolmong melimpah ruah. “Jadi kita nyaris tidak akan terjadi kelangkaan pangan. Untuk itu mulai saat ini, mari kita manfaatkan lahan tidur kita untuk menanam, agar krisis ini jauh dari kehidupan kita,” harap Limi. Dalam kesempatan itu, ia berharap kepada Dinas terkait dalam hal ini Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan, agar memberikan perhatian penuh kepada pendamping serta yang mengawasi kualitas beras yang disalurkan oleh Bulog. Tak hanya itu, harus juga melaporkan sudah sejauh mana progres penyalurannya. “Contohnya seperti bantuan yang diserahkan hari ini, yakni beras medium tetapi kualitasnya premium. Itu pesan saya, jadi tolong berikan beras yang benar-benar bagus,” ujar Limi. Kepada Kadis Sosial, Limi juga berpesan untuk memperhatikan dan melakukan pengecekan kembali kepada masyarakat yang datanya tidak ditemukan, tetapi masyarakat tersebut terdaftar kepada penerima manfaat. “Sehingga, lebih memudahkan lagi mendistribusikan kepada 19.353 penerima manfaat, ini terbanyak se-Sulut, karena penerima beras terbesar itu di Bolmong,” jelas Limi.

Selanjutnya, kepada Sub Direktur Perum Bulog Bolmong Limi berpesan agar menyedikan cadangan beras berdasarkan petunjuk pelaksanaan, dan jangan sampai terjadi kekurangan stok beras, karena sebagian besar penerima manfaat itu adalah muslim dan sudah tidak lama lagi akan menyambut Idul Fitri. “Jadi saya mau minta kepada Bulog agar terus menjaga ketersediaan pangan ini sampai Idul Fitri, jangan sampai terjadi kelangkaan di pasaran dan jangan sampai ada lonjakan harga, ini pesan saya,” tegasnya Limi juga meminta Perum Bulog untuk mendistribusikan Bansos beras ini agar benar-benar sampai di tangan yang membutuhkan. “Sekaligus berpesan agar bantuan ini dilaksanakan dan tidak membebani penerima manfaat, termasuk menghindari adanya pungutan dan potongan,” tegas Limi. Masyarakat penerima manfaat juga kata Limi, diharapkan memanfaatkan bantuan yang diberikan itu dengan sebaik-baiknya. Apalagi, jelang hari raya idul fitri, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. “Laporkan jika bantuan yang diterima tidak sesuai mulai dari segi jumlah maupun kualitas agar sesegera mungkin komunikasikan dengan pemerintah Kecamatan,” imbuh Limi. Apresiasi Limi, kepada Kementrian Sosial dari Badan Pangan Nasional, dan para pekerja sosial masyarakat, yang telah berkontribusi besar dalam melaksanakan berbagai tahapan penyaluran bantuan, mulai dari pengumpulan data hingga pendistribusian bantuan. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close