AdvertorialBolmong

Limi Minta Perkuat Silaturahmi di Halal Bihalal Dumoga Utara

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar halal bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi. Agenda rutin tahunan Pemkab Bolmong tersebut dipusatkan di lapangan olahraga Desa Mopuya Utara, Kecamatan Dumoga Utara, Kamis (4/5/2023). Tema yang diangkat pada halal bihalal tahun ini adalah “Melalui Halal bihalal kita tingkatkan ukhuwah islamia, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah”. Hadir langsung Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit MM, bersama segenap jajaran Pemkab Bolmong, Forkopimda, masyarakat serta tamu dan undangan. Mempererat tali silaturahim pemerintah dan masyarakat, saling memaafkan antar sesama setelah berlebaran dan menerima keberagaman dalam bingkai silaturahmi serta memupuk rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit menyampaikan bahwa halal bihalal merupakan suatu tradisi positif yang dilaksanakan oleh umat islam setelah perayaan idulfitri guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah beribadah puasa selama ramadhan.“Melalui halal bihalal ini kita semua diharapkan saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling memberi, dan meminta maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita perbuat,” kata Limi. Sehingga itu, ia mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjadikan halal bihalal sebagai wahana dan sarana untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad guna lebih meningkatkan kualitas keimanan. Limi juga menyampaikan beberapa pesan dan harapan sekaligus ajakan, yaitu; Mengajak semua yang hadir untuk menjadikan halal bihalal sebagai momentum untuk menggugah dan membangun kesadaran baru untuk kembali pada harkat sebagai makhluk yang fitrah sesuai makna hari raya idulfitri, sehingga dengan semangat kemenangan dan hati yang fitrah tersebut, dijadikan sebagai titik awal berbenah diri dan menyiapkan konsep bekerja ikhlas dan berkarya nyata serta senantiasa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam mempercepat tercapainya tujuan pembangunan di Kabupaten Bolmong.

“Saya juga berharap kepada kita semua untuk selalu menjalin hubungan silaturahmi serta tetap mempererat tali persaudaraan sehingga solidaritas sesama umat islam dan toleransi antar umat beragama dapat terjalin dengan baik karena kita semua yang hadir saat ini terdiri dari berbagai agama, etnis dan budaya serta suku bangsa,” ucapnya. Di sisi lain, dirinya juga mengingatkan agar memasuki tahun politik, dimana seluruh rakyat Indonesia akan mengadakan hajatan pesta demokrasi agar ASN turut menjaga stabilitas dan keharmonisan. “Jangan ada yang memprovokasi dan menyebarkan berita hoaks. Mari kita menjaga silaturahmi sehingga tidak terjadi gesekan,” ajaknya. Pada kesempatan ini, Pj Bupati juga menyerahkan hadiah lomba monuntul yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1444 H. Desa Otam Barat behasil menduduki juara I dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp25 Juta, disusul Desa Bolaang sebagai juara II dengan hadiah Rp20 juta, dan juara III Desa Doloduo 2 dengan hadiah Rp15 juta. Sementara, untuk juara harapan 1 yakni Desa Mopait dengan hadiah sebesar Rp10 juta dan harapan II Desa Otam dengan hadiah Rp5 juta. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close