Bolmong

Bupati Letakkan Batu Pertama Masjid Ar-Rayan

BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, menghadiri Peletakan batu pertama pada pembangunan Masjid Ar-Rayan desa Mongkoinit, kecamatan Lolak, Senin (12/12/2022). Hadir para pimpinan Forkopimda yang diwakili Kapolsek Lolak, Dandramil, Ketua Fraksi PKB DPRD Bolmong Supandri Damogalad dan Danposal Labuan Uki.
Jajaran Pimpinan organisasi perangkat daerah dan Sangadi serta para jamaah masyarakat desa setempat. Dalam laporan Ketua Panitia Pembangunan Masjid Ar-Rayan Ihdar Damogalad mengatakan masjid ini sudah dua kali direnovasi dan telah berdiri hampir 100 tahun lebih. Hasil musyawarah pemerintah desa dan tokoh – tokoh masyarakat masjid ini akan dibangun baru. Ini dikarenakan ibu kota bolmong jalan trans Sulawesi akan diperlebar. Sehingga masyarakat sepakat untuk diperluas halamannya dengan dilakukan pemugaran total dibangun masjid baru. “Ukuran luas masjid baru ini sekitar 19×24 meter persegi dengan pembangunan lantai dua anggaran total 3,5 sampai dengan 4 Milyar,” kata Ihdar, mantan pensiunan perbankan.

Ia mengatakan pembangunan masjid ini dimulai dari swadaya masyarakat, bantuan pengusaha dan para donatur – donatur. Target pembangunan masjid selama 4 tahun yang mudah – mudahan peresmian tanggal 6-6 tahun 2026. “Insya Allah semoga yang melakukan peletakan batu pertama saat ini, sama juga yang akan meresmikan,” ungkap Ihdar. Ia juga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah untuk membangun masjid ini secara berlahan – lahan. Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM menyampaikan mendukung dan mendorong untuk rehab total untuk pembangunan masjid ini. “Iya terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Kecamatan dan pemerintah desa Mongkoinit, yang telah memprakarsai pembangunan masjid ini kembali,” ujar Bupati. Ia berkata jika niat yang tulus dan bersatu serta tanggung bersama. Ia yakin pembangunan masjid baru akan berjalan sukses sesuai harapan kita bersama. “Saya tadi sudah berbincang dengan anggota DPRD Bolmong Supandri Damogalad. Apakah bisa dianggarkan dalam APBD? Alhamdulillah bisa untuk anggaran rumah ibadah tidak hanya masjid tapi gereja dan pura. Insya Allah dianggarkan bertahap kedepannya,” terang Bupati.

Ia pun yakin pada tahun 2026 sesuai dengan target panitia akan selesai dibangun. Jika dukungan masyarakat seperti ini pasti akan sesuai harapan. “Pak bupati yakin sekali tahun 2026 akan diresmikan bersama. Amiin yra,” kata Bupati. Ikhtiar membangun masjid adalah perintah, dan ini wujud bagi umat Islam untuk menyebarkan syari’at Islam. Diakhir sambutannya, berpesan peletakan batu pertama nanti pertanda dimulainya pembangunan kembali masjid Ar Rayan desa Mongkoinit. Ia mengajak kepada semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam membangun masjid sebab menabung amal didunia, di akhirat nanti akan mendapatkan terbaik Dimata Allah SWT. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: