AdvertorialBolmong

Bupati Berharap Perayaan Dharma Santi Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow hadiri kegiatan perayaan Dharma Santi, yang diselenggarakan oleh Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bolmong, di Bale Banjar Desa Mopuya Selatan Dua Kecamatan Dumoga Utara, Jumat (01/14/2022). Bupati mengucapkan terima kasih kepada pengurus PHDI Bolmong yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. “Semoga acara ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan pembinaan kepada umat, lebih khususnya umat hindu yang ada di Kabupaten Bolmong,” ungkap Bupati.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut kiranya akan lebih meningkatkan nilai-nilai keimanan sekaligus mempererat persaudaraan antar sesama umat manusia. “Momentum perayaan Dharma Santi kali ini diharapkan akan dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama, kerukunan interen umat beragama serta kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah,” harapnya.

Lanjutnya lagi, Dharma Santi sebagai rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru saka, bagi Umat Hindu merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan pembinaan kepada umat manusia, khususnya kepada Umat Hindu, karena melalui kegiatan seperti ini, mampu meningkatkan nilai-nilai keimanan, sekaligus mempererat rasa kekeluargan dan persaudaraan antar sesama umat beragama. Dalam pelaksanaan rangkaian Hari Raya Nyepi, terkandung nilai esensial yang berfungsi memotivasi seluruh Umat Hindu, untuk senantiasa melakukan hubungan dengan Tuhan, dengan sesama umat manusia, dengan alam semesta, meningkatkan keseimbangan dan kesucian diri, serta terkandung suatu nilai kebangkitan, kesadaran dan toleransi, menuju kebersamaan dalam mencapai tujuan hidup umat manusia.

Sementara itu, Ketua PHDI Bolmong I Nyoman Sukra, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Bolmong, karena walaupun disibukkan dengan agenda yang begitu padat, masih sempat meluangkan waktu untuk hadir dalam acara Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1944 bersama-sama dengan Umat Hindu di Kabupaten Bolmong. ”Ibu bupati adalah sosok yang sangat peduli dengan masyarakat Hindu di Kabupaten Bolmong, karena setiap hajatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Hindu, beliau tetap meluangkan waktu untuk hadir dan bersama-sama dengan kami,” kata Sukra. Turut Hadir, Kapolres Bolmong AKBP DR Nova Irone Surentu SH MH, Ketua PHDI Sulawesi Utara, Kepala Kementrian Agama Bolmong, Anggota DPRD Provinsi I Nyoman Sarwa, Jajaran Pemuda Hindu Dharma Bolmong, pengurus WHDI, para kepala OPD Bolmong, pemuka agama se Dumoga Utara, dan Tripika Kecamatan Dumoga Utara. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: