Bolmong

Tahlis Latih Nelayan dengan Peralatan Pancing Modern

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) memberikan perhatian lebih untuk nelayan pesisir. Ini terbukti saat Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang membuka pelatihan penggunaan alat tangkap pancing modern, sekaligus menyerahkan bantuan alat tangkap secara simbolis kepada kelompok nelayan, Jumat (20/8).

Pelatihan sekaligus penyerahan bantuan yang diprakarsai Dinas Perikanan Bolmong itu dilaksanakan di Pantai Cantika, Desa Motabang, Kecamatan Lolak. Sekda dalam sambutannya mengatakan, selama ini nelayan tradisional dalam proses penangkapan ikan hanya menggunakan alat pancing tradisional.

Sehingga, menurut dia, dengan program pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, pemda menganggarkan bantuan alat pancing modern untuk digunakan dalam meningkatkan produktifitas perikanan laut.

Sekda Tahlis yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan itu menceritakan pengalamannya saat mencoba alat tangkap tradisional menggunakan handline hingga menggunakan alat pancing modern. Bahkan dalam proses penangkapan lebih mudah dilakukan dibanding dengan alat pancing tradisional

Diketahui, Sekda Tahlis Gallang juga membina komunitas pancing Totabuan Angler Comunity (TAC) yang sangat menguasai alat pancing modern dan selalu digunakan dalam setiap waktu luangnya diluar jam kerja.

Bahkan dalam uji cobanya, Sekda telah menguji bersama dengan nelayan tradisional dengan alat pancing tradisional yang digunakan, lalu dirinya menggunakan alat pancing modern.

“Saya hanya sendiri, nelayan tradisional empat orang asal Desa Ambang. Saya tantang selama sehari semalam, jika hasil mereka lebih banyak dari hasil tangkapan saya, saya kasih hadiah. Tapi buktinya empat orang itu kalah dengan saya menggunakan alat tangkap modern ini,” ungkapnya.

Dengan demikian, menurut Sekda jika nelayan tradisional mulai menggunakan alat pancing modern tentunya hasil tangkapannya juga akan memuaskan, tergantung dari teknik memancing masing-masing nelayan.

“Ada beberapa metode teknik memancing dengan menggunakan alat tangkap modern. Ada teknik trowling, jigging, casting, popping dan bisa juga digunakan untuk dasaran. Kalau saya dan teman-teman mancing sering menggunakan teknik jigging. Semua tergantung dari daerah fishing grond yang tempat kita mancing,” tuturnya.

Selain Sekda Tahlis Gallang selaku pembina TAC, juga DKP Bolmong menghadirkan pemateri lainnya dari komunitas mancing Kuda Tua Bolsel. Selain alat pancing Modern, DKP Bolmong juga menyerahkan secara simbolis bantuan perahu nelayan kepada Koperasi Perikanan. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekda Tahlis didampingi Kadis Perikanan Parman Ginano. Diketahui, bantuan itu dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2021. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: